Jelang Pilpres 2024, KIB Sumedang Jaga Soliditas

Jelang Pilpres 2024, KIB Sumedang Jaga Soliditas
Jelang Pilpres 2024, KIB Sumedang Jaga Soliditas (ist/UMS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Jelang tahun politik 2024 mendatang, hubungan di antara sesama Partai politik yang tergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Sumedang cukup baik.

Baik Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasional Demokrat (Nasdem) maupun Partai Demokrat sama-sama memiliki soliditas tinggi, sesuai arahan dari ketua umum masing-pasing partai.

“Kalau untuk teman-teman Parpol yang di KIB, tentu kami menghargai sikap politik masing-masing,” ujar Ketua DPD PKS Kabupaten Sumedang, Yana Flandriana kepada Sumeks, Selasa (14/2).

Baca Juga:Camat Minta Hentikan Truk Pengangut TanahDampak Tol Cisumdawu, Ekonomi dan Pariwisata Lumpuh

Prinsipnya, kata Yana, untuk koalisi Parpol pada pemilihan presiden (Pilpres) di tingkat kabupaten, tentunya tidak lepas dari kebijakan Parpol masin-masing di tingkat pusat.

“Namun demikian, tentu kami mengharapkan bahwa koalisi yang hari ini sudah dibangun oleh PKS, Nasdem dan Partai Demokrat akan bisa bertambah Anggota nya dari Parpol lain,” tuturnya.

“Karena selain memperlebar segmentasi pemilih, juga akan semakin memperbesar peluang kemenangan insya Allah bagi Bacapres yang akan kami usung nantinya ( Bapak Anies RB ),” paparnya.

Tapi sekali lagi, sambung dia, untuk koalisi pada Pilpres di tingkat kabupaten, memang bergantung terhadap kesepakatan koalisi parpol di tingkat pusat.

“Dan insya Allah, PKS menghargai pilihan politik masing-masing partai.

Hal senada diungkapkan Ketua DPD Nasdem Kabupaten Sumedang, Yadi Mulyadi.

Dia mengaku, perbincangan dengan rekan-rekan koalisi PKS dan Partai Demokrat telah dilakukan selama ini. Kini, pihaknya tinggal menunggu langkah selanjutnya.

“Karena ini merupakan ranah induk organisasi politik, maka masing-masing dari kami perlu menunggu keputusan induk organisasi dengan menempuh prosedur birokrasi. Hal ini adalah bagian dari sistem komunikasi politik yang wajib dipatuhi,” ujarnya.

Walau demikian, Yadi secara personal mengaku telah mengenal rekan-rekan calon koalisi tersebut. Namun secara kelembagaan, masing-masing dari mereka masih menunggu.

Baca Juga:5 Cara di Mana Tempat Kerja Dapat Melayani Kaum Muda Dengan Lebih BaikBhabinkamtibmas Datangi Ibu Hamil di Pedalaman Desa

Disinggung mengenai prospek pengusungan Anies Baswedan sebagai calon presiden, Yadi memaparkan bahwa pihaknya belum menerima informasi terkait hal itu secara akurat.

“Hingga kini, pihak PKS dan Demokrat belum secara resmi menyampaikan dukungan mereka terhadap Anies Baswedan, karena belum melalui musyawarah forum resmi partai,” imbuhnya.

Pengusungan Anies Baswedan masih berupa wacana yang disampaikan oleh para petinggi partai. Menurutnya, belum ada kejelasan yang akurat mengenai prospek itu.

0 Komentar