Galudra Prioritaskan Penurunan Stunting

Galudra Prioritaskan Penurunan Stunting
Galudra Prioritaskan Penurunan Stunting, POKJANAL : Kedepannya, akan ada program monitoring Pokjanal yang tujuannya adalah untuk memantau sejauh mana perkembangan-perkembangan stunting di tiap desa.
0 Komentar

CIMALAKA – Galudra Prioritaskan Penurunan Stunting Sesuai anjuran dan program dari Pemerintah Daerah ( Pemda ) Sumedang, penanganan stunting di desa-desa perlu diprioritaskan. Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa Galudra, yang merangkap jabatan sebagai Ketua DPK Apdesi Kecamatan Cimalaka.

“Pemerintah Desa akan berupaya sekuat tenaga untuk mendukung program Pemda Sumedang dalam menurunkan angka stunting,” katanya.

Untuk menurunkan angka stunting, terdapat program Pemberian Makanan Tambahan (PMT), pemeriksaan balita, pemeriksaan ibu hamil, penyuluhan pada calon pengantin, dan pendampingan kepada orang tua yang memiliki anak stunting. Program tersebut dilakukan oleh tenaga-tenaga kesehatan, para kader dan bidan desa.

Baca Juga:PA Sumedang Meminta Pemda Sosialisasikan KadarkumWaspadai Jalur Bertebing Saat Musim Hujan

“Semua kegiatan itu dilakukan untuk memantau perkembangan di lingkup masyarakat. Kegiatan tersebut kami laksanakan di masing-masing Posyandu. Alhamdulillah untuk tahun ini, khususnya di Desa Galudra, angka stunting mengalami penurunan. Semula, tercatat sebanyak 28 anak yang mengalami stunting, namun kini menurun menjadi 22 anak. Hasil validasi pengukuran penimbangan yang dilakukan oleh tenaga medis dari Puskesmas Cimalaka ini, dibantu oleh para kader Posyandu yang ada di Desa Galudra,” ujar Sumpena.

Galudra Prioritaskan Penurunan Stunting Kedepannya, akan ada program monitoring Pokjanal yang tujuannya adalah untuk memantau sejauh mana perkembangan-perkembangan stunting di tiap desa. Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh pihak Kecamatan bersama Puskesmas.

“Mudah-mudahan ke depannya, program penurunan angka stunting bisa berjalan dengan lancar. Sehingga, tidak ada bayi-bayi atau anak-anak balita yang mengalami stunting. Khususnya di Desa Galudra, umumnya di Kecamatan Cimalaka dan Kabupaten Sumedang,” pungkasnya ( AHS ).

0 Komentar