Makanan Untuk Membantu Menjaga Kesehatan Mental!

Makanan Untuk Membantu Menjaga Kesehatan Mental!
(Istimewa/Pinterest Yogurt)
0 Komentar

sumedangekspres – Kesehatan mental adalah keadaan dimana individu terbebas dari segala gejala gangguan jiwa.Namun siapa sangka makanan untuk membantu menjaga kesehatan mental juga ada.

Kesehatan mental adalah masalah penting yang harus diperlakukan seperti kesehatan fisik dan perlu keterbukaan masyarakat untuk penanganan yang cepat.

Sebuah studi di Indonesia, berdasarkan data Riskesdas tahun 2007, menemukan bahwa gangguan mental-emosional seperti gangguan kecemasan dan depresi terjadi pada 11,6 persen populasi orang dewasa.

Baca Juga:Resep Puding Kurma Kukus, Praktis Manisnya Pas Banget!Resep Brownies Kurma Lezat Mudan dan Sehat!

Artinya, dari sekitar 150.000.000 penduduk dewasa Indonesia, 1.740.000 orang saat ini menderita gangguan mental-emosional.

Di negara maju, tidak seperti Indonesia, banyak pilihan untuk pencegahan dan pengobatan, terutama di beberapa tempat di mana masalah kesehatan jiwa jauh dari memadai dan cukup primitif.

Kurangnya pengetahuan tentang gangguan kesehatan mental membuat masyarakat masih percaya bahwa masalah ini tidak dapat diselesaikan, sehingga mereka tidak melakukannya.

Orang dengan gangguan mental dapat dirawat di luar sel isolasi atau isolasi, yang terkadang merupakan cara yang tidak manusiawi seperti dikurung atau dirantai.

Kesehatan mental dan gangguan jiwa membuat orang memilih diam dan melakukan hal yang sangat sederhana sebagai bentuk pengobatan.

Menurut halodoc berikut makanan untuk membantu menjaga kesehatan mental.

1. Prebiotik dan Probiotik

Prebiotik adalah senyawa natural pada makanan yang tidak dapat dicerna dan secara alami ditemukan di usus.

Yoghurt adalah sumber probiotik terbaik, begitu juga dengan makanan fermentasi seperti miso, kimchi, dan kombucha.

Baca Juga:Nonton Drama Delivery Man Episod 4 Sub Indo : Taksi Pemanggil Arwah PenasaranPentingnya Kesehatan Mental Bagi Ibu Hamil, Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Kehamilan!

Sedangkan sauerkraut, buttermilk, dan beberapa keju, seperti cheddar, mozarella, dan Gouda, adalah sumber lainnya.

Sedangkan makanan yang kaya akan prebiotik termasuk kacang-kacangan, polong-polongan, oat, bawang putih, bawang merah, beri, dan pisang.

2. Buah dan Sayur

Buah dan sayur mengandung prebiotik, vitamin, mineral, dan antioksidan. Misalnya, magnesium yang ditemukan dalam alpukat, kacang-kacangan, dan salmon.

Sedangkan vitamin C yang terdapat dalam brokoli, jeruk, dan kangkung, dapat membantu mengurangi kecemasan.

Buah dan sayur juga merupakan sumber serat alami yang dapat meredakan kecemasan. Buah dan sayur adalah makanan yang baik untuk bakteri usus.

Saat bakteri usus diberi makan oleh nutrisi ini, mereka akan berkembang biak.

0 Komentar