Jurusan Teknik Nuklir UGM Satu-satunya Di Asia Tenggara

Jurusan Teknik Nuklir UGM Satu-satunya Di Asia Tenggara
Jurusan Teknik Nuklir UGM Satu-satunya Di Asia Tenggara (Istimewa/Universitas Gajah Mada)
0 Komentar

sumedangekspres – Jurusan Teknik Nuklir UGM menjadi jurusan pertama di Asia Tenggara. Seperti yang kita ketahui jurusan teknik nuklir ini sangat jarang sekali. Namun kini di UGM mempasilitasi untuk kamu yang ingin terjun dan minat dalam jurusan teknik nuklir.

Jurusan Teknik Nuklir adalah jurusan yang mempelajari pemanfaatan energi nuklir, pengembangan teknologi nuklir, ilmu rekayasa nuklir, serta faktor-faktor keamanan dan keselamatan nuklir.

Di jurusan ini, kamu akan belajar merancang, mengembangkan, mengoperasikan, dan merawat sistem serta komponen fisi nuklir.

Baca Juga:Menarik UGM Punya Cafe Jamu di Dalam KampusIngin Kuliah Di UGM? Yuk Kenali Lebih Dekat Tentang UGM

Beberapa komponen fisi nuklir adalah reaktor nuklir, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), dan senjata nuklir.

Di samping itu, pembelajaran di jurusan ini berfokus pada pemanfaatan teknologi nuklir untuk kehidupan manusia, misalnya pada bidang industri dan kesehatan.

Dalam bidang industri, teknologi nuklir dimanfaatkan untuk mendeteksi kebocoran pipa. Sementara di bidang kesehatan, keberadaan teknologi nuklir dapat mendeteksi penyakit seperti kanker atau tumor.

Tujuan Pendidikan Teknik Nuklir
Program Studi Sarjana Teknik Nuklir mempunyai visi untuk ”Menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul di bidang teknologi nuklir”. Oleh karenanya Program Studi Sarjana Teknik Nuklir menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas baik itu dalam dasar keteknikan maupun teknik nuklir.

Bidang keahlian teknik nuklir meliputi: aplikasi teknologi nuklir dalam pembangkitan daya, aplikasi radiasi dan radioisotop di industri, dan aplikasi yang mendukung radiologi klinik (radiodiagnostik dan radioterapi). Proses pembelajaran diarahkan untuk membekali mahasiswa agar mampu mengembangkan diri sesuai dengan profesi yang dipilih.

Profil Lulusan (PL) pada Program Studi Sarjana Teknik Nuklir selanjutnya dirumuskan berdasarkan beberapa pertimbangan atas rumusan visi, misi Program Studi, kebutuhan lapangan kerja ke depan, pertimbangan dan masukan dari pemangku kepentingan eksternal dan perkembangan ilmu pengetahuan.

Profil Lulusan (PL) atau Profil Profesional Mandiri atau Program Outcomes (PO) pada Program Studi Sarjana Teknik Nuklir mencakup:

Baca Juga:Daftar Perguruan Tinggi Di Yogyakarta Update 2023Tanda-tanda Skin Barrier Rusak, Wajib Kamu Tahu!

Mampu berkarya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat berbekal kompetensi ketekniknukliran dan fundamental keteknikan yang kuat dengan menerapkan kaidah keamanan, keselamatan, kesejahteraan dan keberlanjutan.

0 Komentar