Pengertian Blockchain, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Pengertian Blockchain, Manfaat, dan Cara Kerjanya
Pengertian Blockchain, Manfaat, dan Cara Kerjanya (Freepik)
0 Komentar

Terdapat beberapa manfaat yang ditawarkan blockchain sehingga menjadikan internet of value seperti transaksi permanen menjadi terjamin kebenarannya, pemindahan kepemilikan token jadi lebih mudah, dan sebagainya.

Misalnya, industri asuransi memanfaatkan teknologi blockchain. Dengan bantuan blockchain, industri yang berporos pada manajemen kepercayaan ini dapat memastikan identitas seseorang.

Blockchain dapat digunakan untuk memverifikasi banyak jenis data dalam kontrak asuransi, seperti identitas orang yang diasuransikan. Alhasil, risiko fraud dan penipuan pun dapat ditekan.

Baca Juga:Cara Blockchain Mengubah DuniaBagaimana Penggunaan dan Sistem Kerja Blockchain?

Buku besar ini mencatat setiap urutan transaksi dari awal hingga akhir. Tiap transaksi dimasukkan ke dalam blok dan setiap blok saling terhubung antara satu dengan yang lainnya.

Daftar transaksi dikunci secara bersamaan dan penanda unik pada setiap blok akan ditambahkan ke blok berikutnya, sehingga menciptakan rantai yang tidak dapat diubah.

Sebuah blok biasanya terdiri dari informasi transaksi saat ini dan hash (kode unik) dari blok sebelumnya.Jika salah satu blok dirusak, akan menyebabkan hash blok berubah dan membuat semua blok berikutnya tidak valid.

Katakanlah salah satu blok dirusak dan semua hash blok berikutnya dihitung ulang, maka ada kemungkinan rantai blok telah disusupi. Untuk mengatasi masalah ini, ada konsep yang disebut proof of work (POW).

Implementasi Blockchain dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain menjadi dasar pengembangan aset kripto, teknologi blockchain juga sudah banyak diimplementasikan dalam beberapa bidang kehidupan. Berikut ini detailnya:

  • Sektor pemerintahan

Teknologi blockchainmenjadi terobosan bagi pengembangan layanan publik dan sebagai bentuk layanan untuk semua kalangan berinteraksi dengan mudah dan transparan.

Terdapat beberapa contoh penggunaan blockchain dalam sektor pemerintahan, yaitu:

0 Komentar