Sejarah Berdirinya Kerajaan Di Tatar Sunda

Berdirinya Kerajaan Sunda
Berdirinya Kerajaan Sunda Candi Cangkuang
0 Komentar

20. Prabu Detya Maharaja Sri Jayabuopati (1030-1042 M)

Berdasarkan fakta sejarah

Berdirinya Kerajaan Sunda dipisahkan dari Kerajaan Tarumanegara. Pada tahun 670 Masehi peristiwa pembagian telah terjadi. Hal ini dikonfirmasi oleh sumber laporan berita Cina pada tahun 979 Masehi. itu adalah tahun terakhir ketika seorang duta besar dari Kerajaan Tarumanegara mengunjungi Cina.

Sebelum pemisahan, Kerajaan Tarumanegara diperintah oleh Lingawarman. Ia menikah dengan putri Indraprahasta bernama Dewi Ganggasari. Dari pernikahannya mereka dikaruniai dua putri, yang pertama Dewi Manasih, putri kedua bernama Sobakancana.

Putri pertama Lingawarman, Déwi Ganggasari, menikah dengan Tarusbawa dari Sunda. Sedangkan putri kedua Lingawarman bernama Sobakancana Dapuntahyang menikah dengan Sri Janayasa (pendiri Kerajaan Sriwijaya).

Baca Juga:Sekilas Sejarah Kerajaan TarumanegaraNilai Budaya dan Sejarah Kerajaan Sumedang Larang

Pada masa pemerintahan kerajaan Tarumanegara, kerajaan ini hanya diperintah oleh 12 orang. Pada tahun 669 M, raja terakhir Kerajaan Tarumanegara yaitu Lingawarman digantikan oleh menantunya yang bernama Tarusbawa.

Tarusbawa sendiri berasal dari kerajaan Sunda Sambawas. Ia melihat pamor Kerajaan Tarumanegara mulai merosot. Karena itu, Tarusbawa berusaha mengembalikan keagungan dan keagungan era Purnawarman yang didirikan di Purasaba (ibu kota) di Sundapura.

Dalam Carita Parahiyangan, tokoh Tarusbawa hanya disebut dalam gelarnya, yaitu Tohaan in Sunda (Raja Sunda). Bisa dikatakan Tarusbawa adalah orang yang melahirkan raja-raja Sunda. Pemerintahan Kerajaan Sunda yang dipimpin oleh Tarusbawa hanya bertahan sampai tahun 723 Masehi.

Putra Tarusbawa meninggal lebih dulu, sehingga putra putri mahkota bernama Tejakencana menjadi anak dan pewaris kerajaan. Suami putri ini menjadi raja kedua kerajaan Sunda. Nama suami putri tersebut adalah Rakeyan Jamri, yang juga merupakan cucu dari Wretikandayun.

Saat menjadi raja di kerajaan Sunda, Rakeyan Jamri dikenal sebagai Prabu Harisdarma. Namun, setelah ia berhasil menguasai kerajaan Galuh, banyak orang yang lebih mengenal nama Sanjaya.

 

0 Komentar