Beragam Manfaat Kacang Merah

Beragam Manfaat Kacang Merah
Beragam Manfaat Kacang Merah
0 Komentar

sumedangekspres- Kacang merah merupakan jenis sayuran polong semusim yang tumbuh tegak. Daun kacang merah agak kasar dan tipe polongnya lebih pipih dari pada kacang panjang. Salah satu jenis sayuran ini sering digunakan untuk memasak, dan bahan pelengkap sebuah makanan. Kandungan vitamin yang dimiliki sayuran ini sangat beragam, dan tentunya baik untuk dikonsumsi semua kalangan,

Selain harganya murah, tumbuhan ini juga dapat di tanam atau dibudidayakan dengan mudah di lingkungan rumah. Tentu hampir semua orang mengenal sayuran yang satu ini, bahkan sering mengkonsumsinya. Mengingat kegunaanya yang beragam, selain protein, kacang merah juga mengandung beragam nutrisi yang juga tak kalah penting, misalnya karbohidrat, lemak, serat, vitamin B, folat, serta mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, dan zat besi.kalian bisa menyimak artikel berikut

Beragam Manfaat Kacang Merah

Berkat kandungan nutrisinya yang beragam, ada berbagai manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

Baca Juga:Kegunaan Paprika yang Segar untuk DikonsumsiBeragam Manfaat Buah Manggis

1. Menjaga kesehatan jantung

Kacang merah mengandung kalium, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat kacang merah dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah sehingga menurunkan risiko terjadinya stroke.

2. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Tak hanya menjaga kesehatan jantung, kacang merah juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan salah satunya adalah kanker besar. Manfaat ini berasal dari kandungan serat di dalamnya yang baik untuk kesehatan usus besar. Selain serat, manfaat kacang merah untuk mencegah kanker juga berasal dari kandungan antioksidannya.

3. Mengontrol gula darah

Penelitian menunjukkan bahwa kacang merah memiliki indeks glikemis rendah, sehingga dapat membantu penderita diabetes tipe 2, untuk mengendalikan kadar gula darah dan efektivitas kerja insulin, dalam tubuh.

Namun, Anda disarankan untuk merebus kacang merah sendiri dan hindari konsumsi kacang merah kalengan karena kandungan garamnya tinggi.

4. Memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil

Manfaat kacang merah juga baik untuk ibu hamil karena mengandung nutrisi penting bagi kesehatan ibu dan janin, seperti protein, asam folat, dan zat besi.

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak asupan zat besi dan asam folat, untuk mendukung pertumbuhan janin. Kekurangan zat besi selama kehamilan dapat menyebabkan anemia, bayi lahir preamtur, berat badan lahir rendah, hingga depresi pascamelahirkan.

0 Komentar