Manfaat Serum Retinol Untuk Kulit Wajah, Kamu Harus Tahu!

Manfaat Serum Retinol Untuk Kulit Wajah, Kamu Harus Tahu!
Manfaat Serum Retinol Untuk Kulit Wajah, Kamu Harus Tahu! (Istimewa/HaiGadis)
0 Komentar

sumedangekspres – Manfaat Serum Retinol Untuk Kulit Wajah, Kamu Harus Tahu! Serum retinol memang sangat bermanfaat bagi kulit wajah. Dalam merawat kulit wajah memang dibutuhkan beberapa serum wajah yang memiliki kandungan-kandungan untuk menutrisi kulit wajah dan menjaga skin barrier.

Banyak pula produk-produk skincare retinol yang memiliki spesifikasi mereka dan review yang berbeda-beda. Namun tahukah kamu manfaat serum retinol untuk kulit wajah kamu.

Simak manfaatnya berikut ini ya.

Adanya kandungan retinol dalam produk perawatan kulit berfungsi untuk memperbaiki penampilan wajah. Beberapa manfaatnya, termasuk:

1. Mencegah jerawat

Baca Juga:5 Rekomendasi Serum Retinol BPOM Terbaik 2023Sabriena Maheswari Supriadi Jadi Mahasiswa Termuda UNAIR 2023

Jerawat adalah gangguan umum yang biasanya terjadi akibat fluktuasi hormon dalam tubuh. Ketika pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati atau minyak, ini dapat memicu peradangan. Dalam menangkal jerawat, retinol bekerja dengan mencegah tersumbatnya pori-pori wajah.

2. Menyamarkan bekas jerawat

Bekas jerawat umumnya ditandai dengan warna kehitaman atau kemerahan. Bekas peradangan ini membuat warna kulit jadi tidak merata. Retinol bekerja dengan meningkatkan pergantian sel-sel kulit baru, sehingga bekas jerawat cepat memudar.

3. Menghilangkan bintik hitam

Bintik hitam atau hiperpigmentasi adalah kondisi yang dipicu oleh kerusakan akibat paparan sinar matahari pada kulit. Gejalanya dapat berupa bintik-bintik coklat terang hingga gelap di area wajah, tangan, leher, atau lengan.

Bintik hitam terjadi akibat penumpukan melanin, yakni pigmen pemberi warna pada kulit. Kondisi ini juga disebut dengan bintik matahari, bintik usia, dan bintik hati. Meski tak menimbulkan rasa sakit, gangguan bisa menurunkan estetika penampilan.

Cara kerja retinol dalam menghilangkan bintik hitam sama dengan bekas jerawat. Dengan meningkatkan pergantian sel-sel kulit baru, bercak di kulit bisa memudar secara perlahan seiring waktu.

4. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori adalah lubang-lubang kecil di permukaan kulit yang berfungsi untuk mengeluarkan minyak. Lubang ini juga menjadi tempat tumbuhnya rambut di permukaan kulit.

Pori-pori terlihat lebih besar ketika tersumbat oleh sel kulit mati atau minyak. Retinol bekerja dengan merawat pori-pori besar dan meningkatkan pergantian sel kulit, serta mencegahnya tersumbat.

0 Komentar