Teruskan Perjuangan Raja Pajajaran dan Sumedang Larang

Teruskan Perjuangan Raja Pajajaran dan Sumedang Larang
Teruskan Perjuangan Raja Pajajaran dan Sumedang Larang
0 Komentar

sumedangekspres – Teruskan Perjuangan Raja Pajajaran dan Sumedang Larang

Tangal 22 April 1578 merupakan tonggak sejarah yang setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Jadi Sumedang (HJS).

Betapa tidak, Momentum bersejarah itu  mengingatkan kepada peristiwa penobatan Prabu Geusan Ulun sebagai Nalendra (raja) Sumedang Larang sebagai transformasi Kerajaan Pajajaran.

Diketahui,  saat itu Mahkota Prabu Siliwangi yang menjadi kebanggaan  masyarakat Jawa Barat yakni Mahkota Binokasih Sanghyang Pake diberikan kepada Prabu Geusan Ulun.

Baca Juga:Delapan Kepala Dinas di Pemkab Sumedang Menduduki Jabatan BaruTak Kapok Dibui, Dua Residivis Kambuhan Berulah Lagi Dengan Kasus Serupa

Mahkota yang mampu menggelorakan semangat juang untuk mengobarkan kembali panji-panji “Padjadjaran Anyar” di Bumi Sumedang Larang.

Hal tersebut dikatakan Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir saat memberikan sambutan pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sumedang dalam rangka Hari Jadi Sumedang ke- 445 Tahun 2023 di Gedung Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sumedang, Kamis (27/4) soal Teruskan Perjuangan Raja Pajajaran dan Sumedang Larang.

“Kiranya kita semua seuweu-siwi Prabu Siliwangi, pelanjut kerajaan Sumedang Larang yang kini menjadi Kabupaten Sumedang dapat mengambil hikmah dan semangat juang dari momentum Hari Jadi Sumedang tersebut,” ucapnya

Lebih dari itu, menurutnya peringatan HJS merupakan ungkapan rasa syukur kepada allah atas berlimpah keberkahan yang diberikan kepada segenap tumpah darah dan tanah air tercinta ini.

“Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para perintis perjuangan dan pendiri Kabupaten Sumedang atas segala jasa dan pengorbanannya,” ucapnya.

Dikatakan Bupati, Tema Hari Jadi Sumedang Tahun 2023 adalah “Sumedang Sakti, Surti Babakti Pikeun Sumedang Simpati”.

“Maknanya adalah bagaimana di tahun terakhir kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang periode 2018-2023 ini, jiwa dan raga kita semua terpanggil untuk bahu membahu, rempug jukung sauyunan mewujudkan visi misi kita Sumedang Simpati,” kata Bupati.

Baca Juga:Stok Terkendali, Harga Bahan Pokok Terjangkau Jelang LebaranDua Pengedar Sasar Pemuda Tanjungsari, Aksinya Digagalkan Anggota TNI

Bupati bersyukur atas berbagai capaian pembangunan di Kabupaten Sumedang yang sudah diraih, diantaranya Angka Kemiskinan dan Angka Pengangguran bisa diturunkan dengan baik, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) bisa ditngkatan secara signifikan.

0 Komentar