Sejarah Kerajaan Majapahit

Sejarah Kerajaan Majapahit
Sejarah Kerajaan Majapahit
0 Komentar

sumedangekspres – Sejarah Kerajaan Majapahit Pembukaan dengan Budaya dan Pengetahuan Majapahit memiliki nilai yang sangat penting dalam sejarah bangsa Indonesia.

Majapahit merupakan kerajaan Hindu-Buddha yang berdiri pada abad ke-13 dan dikenal sebagai salah satu kerajaan terbesar dan terkuat di Nusantara. Selain kekuatan militernya, kerajaan ini juga terkenal dengan kekayaan budaya dan pengetahuan yang diwariskannya.

Budaya Majapahit menjadi inspirasi bagi seni dan budaya di Indonesia hingga saat ini. Seni rupa, musik, dan tari yang berkembang di Indonesia banyak terinspirasi dari seni rupa Majapahit.

Baca Juga:Sejarah Kerajaan KediriSejarah Kerajaan Bali

Begitu juga dengan karya sastra yang memiliki pengaruh kuat dari filsafat dan kebudayaan Hindu-Buddha yang dipegang oleh kerajaan Majapahit.

Pengetahuan Majapahit juga terkenal saat itu karena kerajaan ini menjadi tempat berkumpulnya para ilmuan dan intelektual yang membahas ilmu pengetahuan dan teknologi .

Beberapa penemuan Majapahit pada masa itu seperti teknologi pertanian, irigasi, dan pengetahuan kelautan menjadi tonggak awal perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Kemakmuran dan kebesaran kerajaan Majapahit sebagian besar berasal dari kekayaan budaya dan pengetahuan yang ditanamkan di dalam masyarakatnya .

Oleh karena itu, ini menjadi bukti bahwa kebudayaan dan pengetahuan sangat penting bagi salah satu negara besar di Indonesia pada masa lalu.

Sebagai bangsa yang mempunyai banyak kebudayaan dan pengetahuan, tidak ada salahnya jika bangsa Indonesia dapat mempelajari, mengembangkan dan menghargai kebudayaan dan pengetahuan yang dimiliki oleh kerajaan besar Majapahit tersebut.

Awal mula Kerajaan Majapahit berdiri setelah runtuhnya Kerajaan Singhasari . Raden Wijaya memutuskan untuk mendirikan sebuah desa kecil di hutan Tarik dan memberi nama desa tersebut Majapahit , karena di sekitar desa banyak tumbuh pohon maja .

Baca Juga:Sejarah Kerajaan Kutai KartanegaraSejarah Kerajaan Sriwijaya

Meskipun awalnya hanya sebuah desa kecil, namun berkembang menjadi sebuah kerajaan yang besar dan memerintah wilayah yang luas di Nusantara.

0 Komentar