Jurusan Jadwal Daftar dan Syarat Masuk STMKG 2023

Jurusan Jadwal Daftar dan Syarat Masuk STMKG 2023
Jurusan Jadwal Daftar dan Syarat Masuk STMKG 2023 (Istimewa/BimbelBIC)
0 Komentar

Khusus untuk peserta afirmasi terdapat syarat tambahan sebagai berikut :
Memiliki akta kelahiran dan domisili sesuai identitas KTP/KK di Provinsi Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi utara, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara atau Sulawesi Tenggara.
Telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara atau Sulawesi Tenggara.
Khusus bagi perserta Orang Asli Papua (OAP) mendapatkan rekomendasi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atau Aketua / Anggota dari Majelis Rakyat Papua atau Papua Barat.

2. Persyaratan Akademik

Lulus / akan lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) / Madrasah Aliyah (MA) / Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau yang sederajat untuk SEMUA JURUSAN.
Bagi yang lulus pada tahun 2022 dan ijazahnya belum keluar, wajib menggunakan Surat Keterangan LULUS/Surat Keterangan Aktif di Kelas XII.

B. Alur Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan secara online terintegrasi melalui portal Panitia Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan : https://dikdin.bkn.go.id (buka disini)
Peserta juga wajib melakukan pendaftaran pada portal pendamping institusi : https://simas.stmkg.ac.id/spmbfront/
Peserta harus terlebih dahulu yakin telah memenuhi seluruh Syarat dan Ketentuan sebelum melakukan pendaftaran. Apabila ternyata tidak memenuhi syarat tersebut, maka peserta tidak dapat diterima / dibatalkan sebagai calon taruna.
Tata cara pengisian formulir pendaftaran dapat dilihat pada website (https://ptb.stmkg.ac.id) dan akun media sosial resmi STMKG (STMKG Official).
Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 75.000,-, dan biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebesar Rp. 50.000,-. Tata cara pembayaran dapat dibaca pada Buku Pedoman PTB-STMKG-2022.

Baca Juga:Mengenal Sejarah STMKG Sekolah Tinggi Meterologi Klimatologi GeofisikaMisteri Dibalik Angka Tujuh Dengan Garis Tengah

C. Tahapan Seleksi

Seleksi terdiri dari 3 tahap dengan sistem gugur yaitu :
Tahap I : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
Tahap II : Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk mata pelajaran Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris
Tahap III : Tes Kesehatan, Tes Kebugaran, dan Wawancara

D. Jadwal Pelaksanaan STMKG
0 Komentar