Daftar Makanan Khas Sumedang Selain Tahu Sumedang

Daftar Makanan Khas Sumedang Selain Tahu Sumedang
Daftar Makanan Khas Sumedang Selain Tahu Sumedang (Pinterest/edit : canva)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Daftar Makanan Khas Sumedang Selain Tahu Sumedang.

Sumedang terletak di Provinsi Jawa Barat yang memiliki posisi strategis. Daerah ini terletak dekat dengan jalur utama menuju Bandung dan Cirebon.

Sehingga Sumedang menjadi kota yang banyak dikunjungi dan memiliki banyak kuliner yang menggugah selera.

1. Ubi Cilembu

Ubi Cilembu merupakan makanan khas Sumedang yang sudah menjadi favorit di banyak kota di Indonesia. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis yang mirip dengan madu sehingga sangat disukai banyak orang.

Baca Juga:Daftar Makanan Khas Trenggalek, Ada Yang Sudah Jarang di Produksi?3 Makanan Khas Provinsi Riau, No 1 Terbuat Dari Udang?

Sensasi yang berbeda bisa dirasakan ketika memakannya langsung dari sumbernya di Sumedang.

2. Tahu Sumedang

Tahu Sumedang memang sudah terkenal, bahkan di beberapa kota telah banyak pedagang keliling yang menjual tahu ini yang rasanya gurih. Tahu ini memiliki tekstur yang krenyes ketika digigit namun lembut di bagian dalamnya.

Dalam proses pembuatannya, tahu akan dicampur dengan bumbu khusus yang memberikan cita rasa yang khas. Resep bumbu tersebut telah diturunkan secara turun temurun dan masih dipertahankan hingga saat ini.

Tahu Sumedang cocok dinikmati bersama dengan cabai rawit atau saus sambal selagi masih hangat.

3. Lahang/ Air Gula Aren

Lahang merupakan bahan utama untuk menghasilkan gula aren yang juga dikenal sebagai nira. Di wilayah Sumedang, tepatnya di Pasundan, terdapat banyak pedagang lahang.

Air nira ini dapat langsung diminum dalam keadaan mentah. Dengan cita rasa yang manis dan menyegarkan, minuman ini sangat cocok dinikmati di siang hari.

4.  Emplod

Emplod adalah salah satu cemilan khas Sumedang yang masih kurang dikenal. Padahal, cemilan ini sangat gurih dan nikmat.

Baca Juga:Ide Jualan Makanan Ringan Yang Laku Setiap Hari di Jatinangor, SumedangSerang Prioritaskan Ketahanan Pangan

Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan emplod adalah singkong yang dicampur dengan garam dan kelapa parut. Singkong akan diparut terlebih dahulu dan dicampur dengan bahan lainnya.

0 Komentar