Buah Makanan Ular Tapi Bisa Obati Kanker dan Anemia: Tanaman Rambusa

Buah Makanan Ular Tapi Bisa Obati Kanker dan Anemia: Tanaman Rambusa
Buah Makanan Ular Tapi Bisa Obati Kanker dan Anemia: Tanaman Rambusa (ist)
0 Komentar

sumedangeksres – Tanaman Rambusa dijuluki sebagai buah makanan ular, namun tahukah kamu bahwa tanaman ini bisa mengobati Kanker dan Anemia? Simak penjelasannya di bawah ini.

Tanaman yang dikenal sebagai buah makanan ular ini bisa ditemukan di hutan dan perkebunan. Tak disangka segudang manfaat yang tanaman ini miliki berbanding terbalik dengan julukannya.

Rambusa adalah tanaman liar yang bisa dikonsumsi, mempunyai rasa yang manis dan sedikit asam, serta bagian dalam yang mirip dengan buah markisa membuatnya dikenal juga dengan nama markisa mini.

Baca Juga:The Originote Skincare Terlaris Di TiktokCara Mengetahui Penghasilan Google AdSense Milikmu

Buah yang memiliki ciri khas bentuk yang kecil dan terbungkus di dalam sebuah jaring ini, memiliki nama Latin Passiflora foetida. Tanaman ini berasal dari keluarga Passiflora, dan masih bersaudara dengan buah markisa (Passiflora edulis) dan buah erbis (Passiflora guadrangularis).

Penamaan Tanaman Rambusa di tiap daerah sangat beragam dan unik seperti di Sidoardjo dikenal dengan nama permot, rajutan, kaceprek atau ki leuleu’eur,  di Jawa; ceplukan blungsun dan timun dendang atau timun padang (Malang) serta Bibbi (Luwu Utara).

Di Luwu Utara, Rambusa atau Bibbi selalu dijuluki oleh masyarakat sebagai buah yang mejadi bahan makan ular. Sekilas cukup masuk akal karena buah ini memang tumbuh liar di alam bebas.

Terlepas dari benar dan tidaknya bahwa Rambusa adalah buah makanan ular, yang perlu kamu ketahui adalah tanaman ini mempunyai manfaat yang luar biasa ketika sudah matang, kulitnya yang berwarna kuning adalah ciri bahwa buah tersebut sudah matang.

Adapun manfaat dari ‘buah makanan ular’ ini adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Hal ini dikarenakan rambusa mengandung vitamin C serta kalsium yang untuk gigi dan gusi Anda. Selain itu juga dapat menjaga kepadatan tulang sehingga Anda dapat terhindar dari resiko osteoporosis.

2. Mencegah Kanker

Buah ini juga memiliki kandungan zat anti oksidan yang terdiri dari vitamin C, flavonoid, dan potassium, hingga mampu menangkal radikal bebas, dan menangkal pertumbuhan sel kangker, serta kerusakan jaringan kulit.

0 Komentar