Apakah Benar Potong Kuku Hari Kamis Itu Baik!

potong kuku hari kamis itu baik
potong kuku hari kamis itu baik(bincangsyariah.com)
0 Komentar

sumedangekspres– Potong kuku hari kamis itu baik, potong kuku yang baik menurut ajaran Islam sangat penting diketahui. Memotong kuku merupakan bentuk dari menjaga kebersihan tubuh. Banyak penyakit mengintai melalui kuku kotor.

Potong kuku hari kamis itu baik, Adab memotong kuku sudah diatur dalam ajaran Islam. Tidak sembarangan dalam memotong kuku, ada hari baik yang disunnahkan untuk memotong kuku.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

وُقِّتَ لَنَا فِي قَصِّ الشَّارِبِ وَتَقْلِيمِ الْأَظْفَارِ وَنَتْفِ الْإِبِطِ وَحَلْقِ الْعَانَةِ أَنْ لَا نَتْرُكَ أَكْثَرَ مِنْ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً

Artinya: “Diberikan waktu bagi kami untuk mencukur kumis, bulu ketiak, memotong kuku, dan mencukur bulu kemaluan tidak lebih dari 40 hari.” (HR Muslim)

Baca Juga:Fakta Menarik Bukit Mercury Sayang Kaak Majalengka!Pesona Indah Bukit Mercury Sayang Kaak, Majalengka Asli!

Waktu untuk memotong kuku sebaiknya dalam 40 hari. Perhatikan juga hari-hari baik untuk memotong kuku. Berikut hari potong kuku yang baik menurut ajaran Islam:

Hari Potong Kuku yang Baik Menurut Ajaran Islam

Hari baik untuk memotong kuku dijelaskan dalam kitab Hasyiyah al-Bajuri. Dalam kitab karya Ibnu Qasim Al-Ghazi disarankan memotong kuku pada hari berikut:

Islam mengenal lima sunah fitrah yang berkaitan dengan kebersihan. Salah satu sunahnya tersebut adalah memotong kuku tangan dan kaki. Memotong kuku juga membuat manusia agar lebih memperhatikan kebersihan dan keindahan diri.

Namun dalam Islam, memotong kuku juga memiliki adab dan ketentuannya, terutama dalam hari. Imam Qasim Al Ghazi dalam kitab Hasyiyah Al Baijuri menjelaskan kapan saja waktu terbaik memotong kuku dan saat-saat yang tidak dianjurkan melakukannya dalam Islam.

Berikut hari baik memotong kuku dalam Islam sebagaimana yang telah dirangkum.

1. Hari Senin

Dalam kitab Al Bajuri, Imam Qasim Al Ghazi menjelaskan, memotong kuku pada hari senin membuat manusia menjadi alim dan memperoleh ilmu yang barokah

2. Hari Selasa

Jika memotong kuku pada hari Selasa, akan menyebabkan kebinasaan dan mendatangkan bencana serta kerusakan

3. Hari Rabu

Baca Juga:Lirik Lagu Hanya Satu Persinggahan, Lagu lama viral di Tiktok!Chord Gitar untuk Mencintaimu Seventeen, Viral di Tiktok!

Menurut Kitab Bajuri, memotong kuku pada hari Rabu akan menggambarkan buruk budi pekerti dan akhlaknya

4. Hari Kamis

Dalam kitab Bajuri, memotong kuku di hari Kamis dapat mendatangkan kekayaan dan kelapangan rezeki.

5. Hari Jumat

Menurut Imam Qasim Al Ghazali dalam kitab Al Bajuri, memotong kuku di hari Jumat dapat menambah ilmu dan sifat santun.

0 Komentar