Makanan Kelinci Agar Cepat Besar Dan Sehat

Makanan Kelinci Agar Cepat Besar Dan Sehat
Makanan Kelinci Agar Cepat Besar Dan Sehat
0 Komentar

sumedangekspres – Makanan Kelinci Sebelum mempelajari tentang makanan yang baik untuk kelinci, perlu dipahami dan diketahui kebutuhan nutrisi kelinci.

Selain kebutuhan nutrisi yang tercantum dalam tabel di atas, Dewan Riset Nasional AS memiliki tabel kebutuhan nutrisinya sendiri sebagai berikut:

Faktor terpenting yang harus diperhatikan dengan kebutuhan nutrisi di atas agar kelinci tumbuh cepat adalah kandungan proteinnya. Seperti halnya pertumbuhan ternak lainnya, protein memiliki pengaruh besar terhadap laju dan kualitas pertumbuhan ternak.

Baca Juga:Contoh Rantai Makanan Di HutanMakanan Biawak Kecil Yang Mudah di Dapat

Menurut penelitian, pemberian pakan kelinci kurang dari 12% dapat mempengaruhi laju pertumbuhan dan produksi kelinci, sebaliknya penelitian dengan protein 13% meningkatkan hasil hingga 35-40 ekor kelinci dari satu induk.

Owen juga memisahkan kebutuhan nutrisi berdasarkan umur kelinci, untuk kelinci sampai tahap penyapihan, yang biasanya makanan kelinci umur 2 bulan, dan kelinci dewasa. Rincian kebutuhan gizi Makanan Kelinci menurut umur adalah sebagai berikut :

1. Pakan Hijauan

Meskipun bukan ruminansia, sayuran hijau atau rerumputan dan daun-daunan merupakan pakan kelinci yang baik dan dibutuhkan karena kandungan serat pakan yang tinggi.

Kelinci dewasa membutuhkan setidaknya 20-25% serat kasar. Dan melengkapi nutrisi dalam bentuk serat kasar secara langsung mengurangi kebutuhan akan konsentrat nutrisi yang lebih mahal atau sulit ditemukan.

Kelinci dapat diberi makan berbagai jenis rumput, seperti rerumputan atau sering disebut dengan rumput jenis rumput, sejenis rumput lapangan dengan ekor kucing di atasnya. Rumput jenis ini memiliki kandungan lemak yang rendah (<1%) sehingga baik untuk sistem pencernaan kelinci, tidak seperti hewan peliharaan lainnya.

Selain rumput timi, selain untuk obat penurun gulma dan rumput setelah layu juga bisa diberikan untuk mengurangi kadar air, memperkaya serat kasar dan mengeluarkan sari serta racun yang terkandung di dalamnya.

Selain rumput, daun hijau juga bisa dijadikan makanan kelinci penambah berat badan secara cepat, seperti daun kol, daun belimbing, daun kangkung, daun brokoli, daun bit dan daun wortel.

Baca Juga:Makanan Burung Puter yang Bagus Di Jadikan PakanMakanan Burung Pipit Bernutrisi dan Sehat

Selain fakta bahwa pakan tersebut bermanfaat untuk pertumbuhan kelinci, pakan tersebut juga dapat digunakan untuk memanfaatkan limbah tanaman secara efektif.

0 Komentar