Konsep Elegan Namun Natural Arsitektur Modern Tropis Yang Nyaman Sekaligus Enak Dilihat

Arsitektur modern tropis
Arsitektur modern tropis(pinterest)
0 Komentar

sumedangekspres– Arsitektur Modern Tropis Yang Nyaman, Arsitektur modern tropis adalah konsep arsitektur yang beradaptasi dengan iklim tropis sehingga kelembapan udara, paparan sinar matahari, dan curah hujan yang tinggi tidak mengganggu fungsi utama bangunan. Perpaduan antara konsep modern dan sentuhan alami membuat bangunan dengan gaya modern tropis menjadi nyaman sekaligus enak dilihat.

Tinggal di negara yang mempunyai dua iklim (musim panas dan musim hujan) seperti Indonesia ini menggunakan konsep arsitektur modern tropis sangatlah tepat.
Arsitektur modern tropis merupakan arsitektur yang dianggap berwajah natural. Konsep ini juga diimplementasikan pada berbagai bangunan modern guna memastikan bangunan mampu beradaptasi dengan lingkungan alam sekitar, serta penghuni mamou mendapatkan kenyamanan paling maksimal.

Arsitektur tropis adalah arsitektur yang berada di daerah tropis yang telah beradaptasi dengan iklim tropis sekitarnya. Hal utama yang menjadi titik berat dalam mendesain rumah tropis adalah kondisi suhu yang tinggi serta kelembaban yang tinggi pula. Dua point tersebut akan berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan berada di dalam suatu ruangan.
Arsitektur modern tropis merupakan dikenal menggunakan material material alami ataupun memanfaatkan keadaan alam yang sudah cukup dianggap merepresentasikan nilai dari tropis. Penataan denah rumah dari ruang ruang yang ada pada bangunan, sirkulasi udara dan pencahayaan, sampai penggunaan material semuanya harus mempertimbangkan iklim dan cuaca yang ada di daerah tropis.

Baca Juga:Fakta Menarik dan Harga Fantastis Konser Coldplay di Indonesia 15 November 2023!Kecanggihan dan Desain Menarik dari Nokia 8.1 Plus!

Perkembangan tren arsitektur semakin menarik untuk diikuti dari tahun ke tahun. Dahulu, desain bangunan hanya mementingkan salah satu pendekatan, yaitu estetik atau fungsional. Namun kini arsitek modern semakin mahir memadukan kedua pendekatan tersebut untuk menghasilkan fungsi gedung dan interior yang estetik sekaligus fungsional. Salah satu implementasi pendekatan tersebut adalah gaya arsitektur modern tropis atau modern tropical yang nyaman dan menyatu dengan alam.

Ciri khas Arsitektur modern tropis

DOMINASI PENCAHAYAAN ALAMI
Pencahayaan Alami Kantor Open Space

Pencahayaan alami dari sinar matahari merupakan salah satu ciri khas arsitektur modern tropical yang paling menonjol. Beberapa sisi bangunan sengaja dilengkapi dengan kaca supaya cahaya matahari bisa membuat ruangan jadi terang sejak pagi hingga sore hari. Selain membuat bangunan selalu terang dan sehat karena mendapatkan intensitas sinar matahari yang cukup, sistem pencahayaan alami juga efektif menghemat penggunaan listrik.

0 Komentar