Target Rampung Juni 2023, Berapa Total Panjang Tol Cisumdawu?

Target Rampung Juni 2023, Berapa Total Panjang Tol Cisumdawu?
Target Rampung Juni 2023, Berapa Total Panjang Tol Cisumdawu?/Pinterest
0 Komentar

sumedangekspres – Menurut berbagai sumber, progres pembangunan Tol Cisumdawu akan segera terhubung pada bulan Juni 2023.

Adapun total dari panjang Tol ini otomatis akan bertambah jika tersambung utuh, mencapai 62 kilometer.

Jika dijangkau dengan waktu 80 Km perjam, maka ruas tol yang menghubungkan Cileunyi – Sumedang – Dawuan ini akan dijangkau tidak kurang sampai satu jam.

Baca Juga:10 Rekomendasi Wisata Solo dan Sekitarnya, Ada yang Memiliki Aura Mistis Tapi Cantik!6 Rekomendasi Wisata di Magelang Kaliangkrik dengan Pemandangan Cakep!

Pada Lebaran Idul adha 2023 lalu, Tol ini sebenarnya sempat dibuka secara fungsional di Seksi 4 – Seksi 5 dari Cimalaka-Dawuan sepanjang 29,3 Kilometer. Kemudian ditutup kembali karena beberapa pekerjaan tol kembali dilanjutkan.

Pertengahan Juni ini, ruas ini akan kembali dibuka, untuk selamanya, melayani secara maksimal pengguna tol ini. Dan kini Seksi 4-6 ini masih terus dikebut finishingnya.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Dirjen Bina Marga, Triono Junoasmono menyebutkan, target pada 15 Juni ini semua ruas tol Cisumdawu akan mulai tersambung, yang mana pertanggal 12 Juni pekerjaan fisiknya ditargetkan rampung.

“Sehingga Tol Cisumdawu siap beroperasi dan diresmikan secara keseluruhan pada bulan Juni ini,” jelas Triono pada Jumat, 9 Juni 2023 lalu.

Tol ini terbentang dalam 6 seksi. Dimana seksi 1 Cileunyi – Pamulihan sepanjang 11,45 Kilometer beroperasi sejak bulan Januari 2022.

Kemudian Seksi 2 Pamulihan – Sumedang sepanjang 17,05 Kilometer dan Seksi 3 Sumedang – Cimalaka sepanjang 4,05 Kilometer telah beroperasi sejak bulan Desember 2022.

Secara keseluruhan, Tol ini telah menelan dana investasi sebesar Rp5,5 triliun.

Baca Juga:9 Tempat Wisata Lembang Bandung Unik yang Harus Kamu Kunjungi!5 Wisata Terdekat dengan Stasiun Bogor yang Paling Hits!

Meski ruas jalan Tol ini telah terhubung utuh, nantinya beberapa pekerjaan lain akan masih tetap berlangsung diantaranya landscaping atau penghijauan di sekitar jalan tol.

Landscaping akan dilakukan di lereng bahu jalan, yang sudah dimulai dari di seksi 4.

“Nanti akan kami replikasi di seksi lain berikutnya”, tambahriono.

0 Komentar