4 Kali PHP, Benarkah Bulan Juni Ini Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh? Atau Mundur Lagi?

4 Kali PHP, Benarkah Bulan Juni Ini Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh? Atau Mundur Lagi?
Benarkah Bulan Juni Ini Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh? (Instagram/@indrasutantoo)
0 Komentar

sumedangekspres – 4 kali PHP, benarkah bulan Juni ini Tol Cisumdawu beroperasi penuh? atau mundur lagi?

Banyak pihak, termasuk masyarakat dan infrastruktur di Kabupaten Majalengka, Indramayu, dan Subang, telah lama menantikan pembangunan Tol Cisumdawu.

Namun, proses pembangunan jalan tol ini terus mengalami hambatan dan mengalami penundaan dalam penyelesaiannya.

Baca Juga:Perjalanan Cirebon – Bandung Hanya 1 Jam via Tol Cisumdawu, Akan Beroperasi Penuh Bulan Ini3 Rekomendasi Wisata Di Bandung Pangalengan Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Target penyelesaian Tol Cisumdawu telah mundur sebanyak empat kali dari yang ditentukan oleh pemerintah.

Pada bulan Januari 2023, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, berjanji bahwa Tol Cisumdawu akan sepenuhnya selesai dan terhubung pada akhir Februari.

Namun, target tersebut jelas tidak tercapai karena adanya longsor di Desa Babakan Asem, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Selain longsor, ada juga masalah di Seksi 5A Desa Cipamekar yang mengalami keterlambatan dalam pergerakan material timbunan.

Untuk mempercepat progres, EPS Geofoam digunakan sebagai pengganti material timbunan yang lebih ringan dan stabil.

Target kemudian diubah menjadi Maret 2023, namun sekali lagi tidak terpenuhi. Pada saat arus mudik, hanya satu arah di Seksi 4 hingga 6 yang dapat dioperasikan.

Sebelumnya, target penyelesaian telah ditunda mulai dari Desember 2021, kemudian ke akhir Desember 2022, dan kemudian lagi ke Maret 2023.

Janji untuk bulan Maret juga terus ditunda hingga akhir Mei.

Baca Juga:Bisa Naik Helikopter Hanya Rp5000 di Sini, Ini 12 Tempat Wisata Karanganyar yang Unik dan Keren, Dekat Solo10 Destinasi Wisata di Magelang Terdekat yang Tidak Kalah Dengan Candi Borobudur Cocok Untuk Liburan Keluarga, Sekolah atau Bersama Teman Kantor. Kamu Pasti Belum Tahu Sih

Namun, saat ini ada perkembangan positif. Tol Cisumdawu saat ini sedang dalam tahap uji coba laik fungsi (ULF), dan diharapkan akan masuk ke tahap operasional pada pertengahan Juni di Seksi 4 hingga 6.

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta – Jawa Barat, Ir Brawijaya, menjelaskan bahwa ULF dilakukan untuk membuka Tol Cisumdawu pada pertengahan Juni. Uji coba laik fungsi melibatkan tiga tim terkait keselamatan lalu lintas, infrastruktur, dan administrasi.

Dalam ULF, tim kedua yang terlibat dibagi menjadi dua sub-tim untuk melakukan pengecekan dari arah Cimalaka ke Majalengka (Jalur A) dan dari arah Majalengka ke Cimalaka (Jalur B).

Tim ketiga bertanggung jawab atas aspek administrasi dari BPJT, kontraktor, dan pihak lainnya, sehingga penilaian dapat dilakukan secara komprehensif.

0 Komentar