Mulyasari Dukung Bumdes Maju Mandiri

PEDULI: Kepala Desa Mulyasari Kecamatan Sumedang Utara, Caim Nur Hikmat saat memberikan keterangan Perkembangan Bumdes Maju Mandiri kepada Sumeks bar- baru ini.(ISTIMEWA)
PEDULI: Kepala Desa Mulyasari Kecamatan Sumedang Utara, Caim Nur Hikmat saat memberikan keterangan Perkembangan Bumdes Maju Mandiri kepada Sumeks bar- baru ini.(ISTIMEWA)
0 Komentar

KOTA – Terkait dengan kemajuan dari Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) tidak lepas dari peran serta Pemerintahan Desa. Seperti yang disampaikan Kepala Desa (Kades) Mulyasari, Caim Nurhikmat kepada Sumeks baru – baru ini.

“Dalam mendukung laju perkembangan Bumdes Maju Mandiri di desa kami. Sesuai hasil kesepakatan musyawarah dalam penetapan APBDes beberapa waktu yang lalu untuk anggaran Dana Desa tahun 2023.

Caim mengatakan, pihaknya sepakat mengalokasikan anggaran DD 2023 sebesar RP 100 juta untuk penyertaan modal Bumdes Maju Mandiri.

Baca Juga:3 Film MCU Yang Dilarang Tayang di Beberapa NegaraSpesifikasi Motor Listrik Grab Viar New Q1

“Pada realisasinya kami melihat perkembangan-perkembangan, jadi penyertaan modal dibagi menjadi dua tahap. Pertama kemarin kita sudah di realisasikan dan untuk yang kedua nanti kita menunggu pencairan anggaran DD berikutnya,” katanya.

Pihak Desa Mulyasari berharap dengan adanya penyertaan permodalan ke Bumdes ini, minimal bisa untuk mendongkrak meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sektor usaha Bumdes itu sendiri.

Mereka menilai dengan dasar itu pihak Desa Mulyasari mengarahkan kepada Bumdes Maju Mandiri untuk mencari relasi dan membina konsultasi dengan unit usaha lain. Baik di Kabupaten maupun Provinsi dalam pengembangan usaha Bumdes, untuk meningkatkan usaha dan kesejahteraan di Bumdes sendiri dan masyarakat.

Kades menjelaskan, Jenis usaha yang sudah berjalan di Bumdes Maju Mandiri, Photo covi dan ATK, Warung serba ada ( Waserba ), penyediaan Gas 3 Kg, BRI Link, dan dari empat jenis usaha.

“Alhamdulillah Bumdes Maju Mandiri terlihat mulai ada perkembangan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, untuk Kepengurusan Bumdes Maju Mandiri tidak ada perubahan masih melanjutkan yang periode rahun 2022 yang dipimpin bapak Iim Rohimat.

Kades mengatakan, Pemerintahan Desa Mulyasari berharap khususnya bagi Bumdes Maju Mandiri kedepanya bisa membuka unit usaha baru, yang sekiranya bisa mendongkrak perekonomian masyarakat yang ada di Desa Mulyasari.

Kemudian mendukung Bumdes menciptakan unit usaha baru tang membutuhlan penambahan modal. Di anggarkan pihak Desa dengan penyertaan modal dari Anggaran DD 2023 sesuai kesefakatan musyawarah.

Baca Juga:Spesifikasi Singkat Mengenai Honda New U-GoMahasiswa Asal Indonesia Dari Maluku Yang Berkuliah Di Russia Tewas Disungai Volga

“Sementara untuk sekarang ini Bumdes Maju Mandiri masih memanfaatkan modal yang ada disesuaikan dengan budget yang ada,” pungkas Kades. (ahm)

0 Komentar