Peta Dan Batas Wilayah Sumedang Larang

Peta Dan Batas Wilayah Sumedang Larang
Peta Dan Batas Wilayah Sumedang Larang(google/surveilans-sumedang.blogspot.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Peta Dan Batas Wilayah Sumedang Larang, Kabupaten Sumedang merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan keistimewaannya yaitu Tahu Sumedang. Kabupaten Sumedang meliputi wilayah seluas 155.871,98 hektar dan terdiri dari 26 kecamatan, 270 desa dan 7 kelurahan.

Peta Dan Batas Wilayah Sumedang Larang, Sumedang terletak kurang lebih 45 kilometer timur laut ibu kota provinsi Jawa Barat, yaitu kota Bandung, Secara geografis berbatasan dengan Indramayu di utara, Kabupaten Garut dan Bandung di selatan, Bandung Barat dan Subang di barat, serta Majalengka di timur.

Nama Sumedang sendiri berasal dari nama sebuah kerajaan yang dulu pernah ada di daerah tersebut, yaitu Kerajaan Sumedang Larang. Seperti disebutkan, Sumedang Larang merupakan pengganti nama kerajaan yang sudah ada sebelumnya, yaitu kerajaan Tembong Agung.

Baca Juga:Terowongan Kembar Pertama Indonesia Dimiliki Oleh Tol CisumdawuLebih Murah? Ini Cara Mudah Top Up ML Pakai Pulsa Telkomsel

Nama daerah Sumedang mengalami beberapa kali perubahan dalam perkembangannya. Setelah Tembong Agung, Prabu Tajimalela mengganti nama kawasan itu menjadi Himbar Buana. Saat itu Prabu mengucapkan “Insun mitali Insun madangan” yang artinya aku lahir dan mencapai pencerahan.

Konon asal usul nama Sumedang berasal dari perkataan Raja Tajimalela, yaitu Insun Madangan. Masyarakat sekitar melihat adanya perubahan pengucapan kata Insun Madanga menjadi Sun Madang, yang merupakan perkembangan selanjutnya menjadi Sumedang.

Namun ada juga orang yang mengatakan bahwa nama Sumedang berasal dari kata Insun Medal yang mengalami perubahan lafal. Sampai saat ini kata “Insun Medal” masih ada pada logo Kabupaten Sumedang atau biasa disebut dengan logo Insun Medal.

(PKL/Anggi Rizki)

0 Komentar