Sejarah Makanan Bandros Asal Jawa Barat Yang Wajib Kamu Ketahui, Emang Benar Asalnya Dari Suku Sunda?

Sejarah Makanan Bandros Asal Jawa Barat Yang Wajib Kamu Ketahui, Emang Benar Asalnya Dari Suku Sunda?
Sejarah Makanan Bandros Asal Jawa Barat Yang Wajib Kamu Ketahui, Emang Benar Asalnya Dari Suku Sunda? (Istimewa/Freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Sejarah Makanan Bandros Asal Jawa Barat Yang Wajib Kamu Ketahui, Emang Benar Asalnya Dari Suku Sunda?

Kue Bandros adalah makanan tradisional yang ada di daerah Priangan pemerintah Hindia Belanda dan di kota Bandung pada awal abad ke-20.

Penduduk Priangan kala itu dikenal menggunakan tepung terigu, terutama tepung terigu sebagai bahan makanan yang awalnya hanya tersedia untuk kalangan bangsawan.

Baca Juga:Suka Makan Colenak Kalau Ke Bandung? Yuk Simak Sejarah Colenak Khas Bandung, Seru Lho!Sering Makan Dodol Garut? Ternyata Ini Asal Usul Dodol Garut, Oleh Oleh Khas Kabupaten Garut

Namun, masyarakat kelas bawah tidak mau terpaku pada makanan berbahan dasar tepung. Mereka berinovasi dengan menggunakan tepung beras sebagai alternatif yang lebih murah.

Inilah awal mula lahirnya kue Bandros berbahan dasar tepung beras. Sejarah kue Bandros mencerminkan kreatifitas masyarakat Priangan dalam mengolah masakan dari bahan-bahan yang ada.

Saat itu, kue ini menjadi salah satu makanan pokok masyarakat Sunda. Untuk membuatnya, adonan tepung beras dipres menjadi bentuk bulat dengan lubang di tengahnya, lalu direbus dalam air mendidih hingga matang.

Seiring perkembangannya, kue Bandros menjadi semakin serbaguna dengan variasi rasa dan isian. Selain rasa manis yang menjadi varian utama, kini hadir juga varian rasa seperti keju, coklat, susu, dll.

Topping lain seperti moonshine, moonshine merah, kacang-kacangan atau sedikit keju menawarkan varian rasa yang lebih beragam bagi pecinta kue Bandros.

Kue bandros juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Seiring berjalannya waktu, sajian ini menjadi bagian dari warisan kuliner Indonesia, khususnya kawasan Priangan.

Kue Bandros sering disajikan di berbagai acara adat seperti pernikahan, pesta atau hajatan adat dan merupakan oleh-oleh khas yang diinginkan oleh wisatawan yang berkunjung ke Bandung.

Baca Juga:Suka Makan Rendang? Berikut Asal Usul Rendang Sapi Yang Sebenarnya, Bukan Dari Padang?Sakit Flu Tidak Sembuh Sembuh? Yuk Pakai Cara Ini Agar Cepat Sembuh Selamanya

Bahkan saat ini, kue Bandros dinikmati oleh penduduk lokal dan pengunjung. Munculnya rasa dan topping baru menambah daya tarik sajian lezat dan unik ini.

Kelezatan dan keserbagunaan kue Bandros mencerminkan kreativitas dan inovasi masyarakat dalam melestarikan warisan kuliner tradisional.

0 Komentar