Gambaran Komponen Mobil Listrik Dan Fungsinya

Gambaran Komponen Mobil Listrik Dan Fungsinya
Gambaran Komponen Mobil Listrik Dan Fungsinya(x-engineer.org)
0 Komentar

sumedangekspres – Gambaran Komponen Mobil Listrik , mobil listrik memiliki keunggulan dalam hal kesesuaian untuk penggunaan sehari-hari. Selain itu, mobil listrik juga dikenal dengan tenaga dan torsi instan yang disalurkan langsung ke roda.

Tidak ada komponen mekanis yang lebih kompleks dari pada mobil konvensional. Rangkaian komponen mobil listrik sangat berbeda dengan mobil konvensional.

Gambaran Komponen Mobil Listrik, mobil listrik memiliki berbagai macam komponen dan fungsinya yang membuat performa mobil listrik sebanding bahkan mengungguli performa mobil berbahan bakar fosil. Berikut adalah beberapa bagian dari mobil listrik yang dapat Anda pelajari lebih lanjut.

1. Baterai Traksi 

Baca Juga:Tesla Bangun Pabrik di India Dengan Target Produksi Sebanyak 500 Ribu Mobil Listrik Per TaunKeunggulan iPhone 11, Gadgetnya Selebram Nih

Komponen kendaraan listrik ini disebut baterai traksi karena fungsi utamanya adalah menyimpan dan mengalirkan arus searah ke inverter, yang kemudian digunakan untuk menggerakkan motor traksi. Saat pengontrol mengirimkan sinyal, baterai traksi segera mengirimkan arus listrik tersebut untuk mengontrol motor traksi.

2. Motor Traksi

Motor traksi adalah dinamo listrik yang bertugas menggerakkan transmisi dan roda. Dapat dikatakan bahwa motor traksi merupakan bagian yang sangat penting dari performa mobil listrik yang ditenagai oleh mobil listrik. Motor traksi dapat berputar hingga 18.000 rpm.

Motor yang paling umum digunakan adalah brushless DC (BLDC). Dalam kendaraan listrik baterai (BEV), motor traksi sekarang menggantikan mesin pembakaran internal (ICE).

3. Charger

Charger sudah termasuk dalam mobil listrik sebagai komponen pendukung sehingga tidak selalu dibutuhkan di setiap mobil listrik. Pasalnya, beberapa tipe EV, seperti all-new Nissan Kicks e-Power, tidak memerlukan charger untuk mengisi daya EV.

Pengisi daya bekerja dengan mengisi baterai dengan daya AC dari PLN kemudian mengubahnya menjadi daya DC yang disimpan di baterai traksi. Pada umumnya mobil listrik memiliki dua jenis charger. Pertama, pengisi daya dipasang di dalam mobil. Kedua, charger eksternal yang berada di luar mobil.

(PKL/Anggi Rizki)

0 Komentar