Menyusuri Keunikan Hutan Mangrove dan Ekosistemnya, Wisata di Sumedang Juga Tak Kalah Menarik Lhoo!

Menyusuri Keunikan Hutan Mangrove dan Ekosistemnya, Wisata di Sumedang Juga Tak Kalah Menarik Lhoo!
0 Komentar

sumedangekspresHutan mangrove merupakan ekosistem yang unik dan menakjubkan yang terbentuk di daerah pesisir tropis dan subtropis di seluruh dunia. Ekosistem mangrove yang dikenal dengan rawa atau hutan

mangrove merupakan rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna yang telah beradaptasi dengan lingkungan pesisir yang keras dan berubah.

Keunikan hutan mangrove dan ekosistemnya tidak hanya menjadi daya tarik alam bagi pengunjung, tetapi juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan kelangsungan hidup.

Ciri-ciri hutan mangrove

Baca Juga:Menelusuri Jejak Wisata Kolonial di Kota Sumedang: Menguak Cerita Peradaban LaluPesona Danau dan Sumber Mata Air di Sumedang

Salah satu ciri terpenting hutan mangrove adalah keberadaan pohon mangrove. Mangrove adalah pohon yang bertahan hidup di lingkungan asin dan sering terendam air laut saat air pasang.

Akar bakau dapat menembus dan bernapas melalui permukaan lumpur, memungkinkan mereka bertahan hidup dalam kondisi air asin yang ekstrim.

Hutan mangrove juga memiliki saluran air yang berkelok-kelok berisi air pasang surut. Hal ini menjadikan mangrove sebagai habitat berbagai organisme, antara lain ikan, udang, kepiting, burung, dan mamalia seperti monyet dan buaya.

Salah satu wisata hutan mangrove adalah Hutan Mangrove Karangsong di Indramayu,

Hutan mangrove Karangsong bukan sekadar wisata Indramayu biasa. Karena daerah tersebut memiliki sejarah yang sangat inspiratif.

Hutan bakau Karangsong tidak lagi membutuhkan perlindungan dengan penebangan, tetapi dengan penanaman, hingga Wisata Indramayu.

Ekowisata Karangsong Indramayu merupakan destinasi wisata yang dibuka pada tahun 2015. Keberadaan kawasan hutan mangrove tidak hanya menjadi benteng pelindung yang kuat,

Baca Juga:Menikmati Keindahan Sunrise di Puncak Gunung Tampomas SumedangWisata Sepeda di Sekitar Sumedang

tetapi juga memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat setempat setelah dijadikan sebagai destinasi wisata.

Dan untuk saat ini, masyarakat daerah Karangsong terhindar dari bencana wabah. Berbeda dengan itu, sebelumnya selalu bencana.

Lokasi dan alamat hutan mangrove Karangsong

Hutan Mangrove Karangsong terletak di dekat Pantai Karangsong. Alamat Hutan Mangrove Ekosistem Karangsong Indramayu terletak di Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.

Jalur Mangrove Karangsong

Jalur wisata hutan mangrove dimulai dari pusat Indramayu menempuh jarak 8 km dan dapat ditempuh dengan sepeda motor atau mobil hingga ke tempat parkir.

0 Komentar