Waduh, Mantap Bro! Gerakan Penanaman Pohon Sumedang, Emang Perlu Keterlibatan Masyarakat?

Waduh, Mantap Bro! Gerakan Penanaman Pohon Sumedang, Emang Perlu Keterlibatan Masyarakat?
Waduh, Mantap Bro! Gerakan Penanaman Pohon Sumedang, Emang Perlu Keterlibatan Masyarakat?(freepik.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Bro dan sist jangan remehin gerakan tanam pohon di Sumedang ini tuh merupakan gerakan yang keren banget dan sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan dalam jangka panjang.

Namun kalau lo memiliki pikiran mengenai keterlibatan masyarakat yang selalu menjadi kewajiban, mungkin juga ada pandangan disisi lain yang harus lo pertimbangkan.

Jelas sekali ini bertujuan untuk menjaga lingkungan dan melestarikan alam.

Nah, dengan melibatkan masyarakat ini tentu dapat menambah kesadaran dan sekaligus edukasi mengenai lingkungan yang lebih masif lagi.

Baca Juga:Berbeda tentang Resep Capcay Kuah: Menggugah Lidah dalam KeseharianCumi Sambal: Menikmati Harmoni Pedas dan Gurih di Piring Anda

Setiap orang jadi memiliki pengetahuan, kesadaran menjaga ekosistem bisa berperan menjaga lingkungan sekitar.

Tapi dalam pandangan lain kadang lingkungan suka terabaikan begitu saja bro.

Kita nih sebagai masyarakat harus memiliki kesadaran dalam menjaga lingkungan sekitar kita aja dahulu tidak usah jauh-jauh.

Ada yang harus fokus mencari nafkah dan kesibukan lainnya. Jadi wajar aja kalau semua orang tidak bisa ikut dalam gerakan menanam pohon kecuali diadakan pada hari libu.

Bisa jadi masyarakat memiliki cara lain untuk mendukung gerakan penghijauan ini.

Nah, selain itu, penting juga nih untuk melihat apakah gerakan ini sudah benar-benar menyentuh masalah akar dari kerusakan lingkungan di Sumedang.

Bukan cuma soal penanaman pohon doang, tapi juga soal mitigasi kerusakan lingkungan lainnya. Kalo nggak, bisa-bisa, cuma jadi gerakan seremonial yang cuma jadi pajangan doang, kan sayang banget tuh.

Baca Juga:Mendoan Modern: Menyulap Tempe Jadi Lezat dan MenarikRendang Lontong: Menyatu dalam Kesejukan Modernisasi

Mungkin, ada juga loh, yang berpendapat, daripada fokus ke gerakan penanaman pohon.

Lebih baik energi dan sumber daya dialokasikan untuk menggalakkan gerakan pemanfaatan energi terbarukan di masyarakat Sumedang.

Misalnya, pemasangan panel surya di rumah-rumah, atau mendorong penggunaan kendaraan listrik. Itu juga penting banget untuk meminimalisir dampak buruk terhadap lingkungan.

Nggak cuma itu, Bro, sebenarnya masih banyak masalah lain yang perlu diperhatikan di Sumedang. Misalnya, masalah limbah, polusi air, atau degradasi lahan.

0 Komentar