Tempat Wisata Sumedang Kota Gratis Untuk Liburan Dikelilingi Street Food Summedang

Tempat Wisata Sumedang Kota Gratis Untuk Liburan Dikelilingi Street Food Summedang
(kolase sumedangekspres)
0 Komentar

sumedangekspres – Alun-Alun Sumedang Bisa menjadi tempat wisata kamu bareng keluarga apalagi masuk kesini gratis loh,Tempat Wisata Sumedang Kota Gratis.

Alun-alun Sumedang yang sebelumnya terlihat seperti lapangan yang ditumbuhi rumput dan pepohonan, namun di tahun 2020 akan menjadi LUAS dengan taman, kolam, tempat bermain anak dan fasilitas yang berbeda-beda, dan malam hari dihiasi oleh lampu-lampu Alun-alun Sumedang, Anda dapat melihat lebih banyak cantik.

Tempat Wisata Sumedang Kota Gratis, Di tengah alun-alun ini terdapat bangunan mirip tugu yang dikenal dengan tugu Lingga, peninggalan zaman penjajahan Belanda yang didirikan pada tahun 1922.

Baca Juga:Daftar Tempat Wisata Sumedang Selatan Dekat dari Pusat KotaTempat Wisata Sumedang yang Sepi Potensi Besar yang Akan Jadi Serbuan Wisatawan

Lingga adalah lambang kerajaan Sumedang. Tugu Lingga berdiri di tengah alun-alun Sumedang. Lingga adalah penghargaan atas dedikasi memimpin rakyat yang dibangun tepat di jantung pemerintahan Sumedang. Penghargaan ini sebenarnya diberikan kepada seorang bupati yang dianggap memberontak oleh Belanda.

Tugu peringatan ini didedikasikan untuk Pangeran Bupati Aria Soeriaatmadja, yang meninggal di Mekkah dan dijuluki Pangeran Mekkah. Namanya juga dilestarikan sebagai jalan di utara Lingga.

Alun-alun Sumedang mengalami perubahan tampilan sejak diresmikan pada Maret 2020 lalu. Acara peresmian dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir.

Fasilitas Alun-Alun Sumedang

Fasilitas yang ada di sekitar Alun-Alun Sumedang diantaranya:

  • Area parkir kendaraan
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Wahana permainan
  • Masjid
  • Jogging track
  • Pojok baca

Selain itu setiap sudut Alun-Alun memiliki fungsinya masing-masing, yakni:

  • Sudut sebelah selatan ada area playground
  • Sudut sebelah kiri terdapat permainan tempo dulu
  • Sebelah utara terdapat pojok baca, kolam mini, amphitheater, dan display dari para Bupati yang pernah memimpin Sumedang.
  • Sedangkan di bagian tengah merupakan tempat mengadakan kegiatan formal seperti kegiatan upacara. Tepat berada di depan Masjid Agung Sumedang.

1. Keindahan Alun-alun Sumedang

Alun-alun Sumedang memiliki keindahan alam yang menawan. Taman yang luas dan hijau dengan pepohonan yang rindang menghadirkan suasana yang sejuk dan menyegarkan. Dikelilingi oleh bangunan bersejarah, termasuk Masjid Raya Sumedang, yang menawarkan pesona klasik yang mempesona.

0 Komentar