5 Makna Proklamasi 17 Agustus Kemerdekaan Indonesia

5 Makna Proklamasi 17 Agustus Kemerdekaan Indonesia
5 Makna Proklamasi 17 Agustus Kemerdekaan Indonesia (indozone)
0 Komentar

sumedangekspres – Proklamasi 17 Agustus, tanggal 17 Agustus 1945 telah menjadi salah satu momen bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Pasalnya, pada hari penting ini, Ir. Soekarno membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan.

Acara pembacaan manifesto ini sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Inilah arti dari manifesto 17 Agustus.

Baca Juga:Meriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia Dengan Twibbon 17 Agustus!Perbedaan Laptop HP 14 Dengan Laptop HP 14s: Harga Dan Spesifikasi Bagusan Yang Mana Ya?

Perjuangan para pahlawan untuk kemerdekaan tidaklah mudah. Harta dan nyawa dipertaruhkan demi Indonesia merdeka.

Puncak perjuangan para pahlawan dan rakyat Indonesia terjadi ketika manifesto itu diterbitkan pada 17 Agustus 1945.

Bertempat di Jalan Pegangsaan Timur nomor 56, Jakarta, Ir. Soekarno mewakili bangsa Indonesia membacakan teks pernyataan yang diketik Sayuti Melik. Sejak saat itu, Indonesia mendeklarasikan diri sebagai negara merdeka.

“Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja. Djakarta, hari 17 boelan 8 tahun 05. Atas nama bangsa Indonesia, Soekarno-Hatta.”

Berikut 5 makna proklamasi 17 Agustus bagi rakyat Indonesia untuk diketahui.

1. Proklamasi sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia

Makna deklarasi pertama sebagai penggerak menandai puncak perjuangan merebut kemerdekaan NKRI dari penjajah.

Dengan kata lain, manifesto ini merupakan puncak perjuangan sang pahlawan dengan mengorbankan waktu, harta dan tenaga untuk mengusir penjajah yang telah lama menjadi parasit di Indonesia.

2. Proklamasi menandakan kebebasan tanah air dari cengkeraman penjajah

Ketika Ir. Soekarno membacakan proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, sebagai tanda bahwa sejak saat itu Indonesia telah terbebas dari kuk dominasi asing yang telah dipraktekkan selama ratusan tahun.

Baca Juga:Laptop HP Pavilion x360: Spek Keren Harga Ramah Didompet! Laptop Incaran Banyak Orang NihInilah Kata-Kata Slogan Yang Sangat Menarik Untuk HUT RI Ke 78

Indonesia kini juga memiliki kebebasan untuk menentukan langkah dan nasibnya ke depan dalam kerangka kehidupan berbangsa dan bernegara.

3. Proklamasi menjadi penanda revolusi baru

Arti dari deklarasi 17 Agustus mendatang adalah seperti tanda revolusi baru. Artinya, negara Indonesia baru telah terbebas dari cengkeraman bangsa asing.

0 Komentar