Kemensetneg Mengajak Seluruh Elemen Bangsa Untuk Semarka Peringatan HUT RI Ke 78

Kemensetneg Mengajak Seluruh Elemen Bangsa Untuk Semarka Peringatan HUT RI Ke 78
Kemensetneg Mengajak Seluruh Elemen Bangsa Untuk Semarka Peringatan HUT RI Ke 78 (sekretariatnegara)
0 Komentar

sumedangekspres – HUT RI Ke 78, merayakan Hari Kebangsaan Republik Indonesia ke-78 Tahun 2023 kali ini mengangkat tema “Terus Melaju Untuk Indonesia maju”. Tema ini mencerminkan semangat perjuangan dan pembangunan bangsa Indonesia, bergotong royong memanfaatkan dinamika tersebut untuk mencapai Indonesia maju.

Perayaan Bulan Kemerdekaan yang telah berlangsung sejak lama dan  menjadi tradisi di masyarakat perlu disemarakkan tidak hanya dengan menyelenggarakan upacara 17 Agustus tetapi juga diisi dengan beragam lomba, pertunjukan yang penuh semarak, keriaan, dan kebersamaan, serta acara syukuran memanjatkan Do’a kepada Allah SWT  dan lain sebagainya.

Agenda Bulan Kemerdekaan  2023 di Istana akan diawali dengan Zikir dan Doa Kebangsaan pada tanggal 1 Agustus 2023 dan dilanjutkan dengan sejumlah acara, seperti Penganugerahan Tanda Kehormatan (14 Agustus); Pengukuhan Paskibraka (15 Agustus); Pidato Presiden pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD, serta Pidato Penyampaian RAPBN (16 Agustus); Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci (17 Agustus dini hari); dan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera (17 Agustus) yang akan didahului dengan kirab Bendera Pusaka dan pertunjukan seni.

Baca Juga:Inilah Contoh Pidato Sambutan Malam Hut RIInilah Rangkaian Kegiatan HUT RI Ke 78 Kemerdekaan RI

Setidaknya ada empat perbedaan dalam perayaan proklamasi yang terakhir. Deklarasi Momen dan Upacara Penurunan Bendera di Istana Kerajaan tahun 2023 akan berlangsung secara offline/fisik saat ini. Masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam Perayaan Hari Kebangsaan dapat mendaftar langsung di sistem/aplikasi Pandang Istana di tautan:
panview.istanapresidenri.go.id. Ada 8.000 undangan fisik upacara pagi dan 8.000 undangan fisik upacara penurunan bendera sore.

Dengan keseruan bagi yang ingin mengikuti Festival Bendera, maka itinerary tahun ini akan lebih panjang dari tahun-tahun sebelumnya. Jalan Kirab Bendera Pusaka, dari ruas Monumen Nasional, mengarah ke Monas Lintas Barat Daya menuju Patung Kuda, kemudian menyusuri Jalan Merdeka Barat menuju Istana Merdeka.

Selain itu, tahun ini terkait program Fly Pass Pesawat F16 akan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, program tersebut akan dilaksanakan dengan menggabungkan 3 aspek TNI (Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Angkatan Darat) dan Polri.

0 Komentar