Hari UMKM Nasional 2023, BRI Semakin Tegaskan Komitmennya pada Pemberdayaan Pelaku Usaha Mikro

Hari UMKM Nasional 2023, BRI Semakin Tegaskan Komitmennya pada Pemberdayaan Pelaku Usaha Mikro
0 Komentar

sumedangekspres– Jakarta – Di hari UMKM Nasional yang jatuh pada 12 Agustus 2023, BRI menegaskan komitmennya untuk senantiasa konsisten memberikan dukungan permodalan bagi pelaku UMKM. Secara konsisten, selama ini BRI memberikan pendampingan kepada nasabah dalam pengembangan produk hingga upaya digitalisasi pelaku UMKM.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan bahwa dalam penyaluran kredit UMKM pun, BRI mengedepankan pemberdayaan yang secara langsung membantu dan mendorong peningkatan kapabilitas pelaku usaha tersebut. “Saat ini perseroan semakin menjadikan segmen mikro termasuk UMi (Ultra Mikro) di dalamnya sebagai bisnis inti. BRI optimistis segmen mikro dapat berkontribusi sebesar 45% dari total portofolio pembiayaan,” ujarnya.

Hal ini tak terlepas dari peran BRI yang ditugaskan pemerintah untuk semakin fokus ke segmen UMKM di mana pemerintah mendorong pembiayaan perbankan nasional ke sektor UMKM yang porsinya mencapai 30% pada 2024. Terbukti, per kuartal I-2023 BRI berhasil mencatat pertumbuhan kredit di sektor UMKM. Penyaluran kredit segmen UMKM pada periode ini mencapai Rp989,6 triliun, sehingga porsi kredit UMKM BRI telah mencapai 83,86%. Nilai tersebut meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp903,3 triliun.

Baca Juga:Sagaramanik Tempat Budiadaya Buah ManggisTips Terhindar dari Obesitas

Adapun total kredit BRI hingga kuartal I-2023 telah mencapai Rp1.180,1 triliun, naik dari total portofolio kredit BRI pada kurun waktu yang sama tahun lalu mencapai Rp1.075,9 triliun. Untuk rinciannya, pertumbuhan kredit BRI disokong oleh segmen mikro dengan pertumbuhan mencapai 11,18% yoy.

Di samping itu, segmen konsumer juga tumbuh 13,7% yoy, segmen kecil 2,1% yoy, dan menengah 16,2% yoy. Pertumbuhan di segmen UMKM diikuti dengan pertumbuhan laba secara konsolidasian (BRI Group) sebesar 27,37% year on year (yoy) menjadi Rp15,56 triliun pada kuartal I 2023. Adapun asset BRI Group tumbuh 10,46% yoy menjadi Rp1.822,97 triliun.

Supari menambahkan, ke depan BRI akan terus berfokus pada pembiayaan di sektor UMKM. Terlebih, BRI selaku induk Holding UMi yang mesti menaruh perhatian lebih, akan terus mendorong peningkatan kapabilitas pengusaha dan usahanya.

Melalui holding atau sinergi ekosistem UMi antara Pegadaian, PNM dan BRI, diharapkan dapat memberikan harapan baru bagi masyarakat ultra mikro dengan memperluas jaringan Unit Co-location SENYUM (Sentra Layanan Ultra Mikro) dan memperdalam layanan produk dan jasa keuangan formal yang semakin lengkap. Holding UMi memastikan pelaku usaha ultra mikro memiliki pengetahuan, kemampuan dan kesempatan akses layanan keuangan yang adil dan inklusif sehingga dapat menaikkelaskan pelaku usaha ultra mikro.

0 Komentar