Kenali Minuman Gedang Klutuk: HASIL Fermentasi Pisang Yang Memabukkan Dan Memiliki Kandungan Alkohol Yang Setara Dengan Ciu

Kenali Minuman Gedang Klutuk: HASIL Fermentasi Pisang Yang Memabukkan Dan Memiliki Kandungan Alkohol Yang Setara Dengan Ciu
Kenali Minuman Gedang Klutuk: HASIL Fermentasi Pisang Yang Memabukkan Dan Memiliki Kandungan Alkohol Yang Setara Dengan Ciu(Shopee)
0 Komentar

sumedangekspres – Memabukkan, akhir-akhir ini kita sering mendengarkan lagu ‘Efek Gedang Klutuk’. Ternyata gedang klutuk ini termasuk minuman yang berjenis ciu dan memilki banyak penggemar yang meminatinya.

Minuman yang berasal dari desa Bekonang Kabupaten Sukoharjo ini laris manis di kalangan penduduk khususnya di Klaten. Desa Bekonang memang sudah dikenal sejak lama sebagai desa pengrajin penghasil alkohol atau ciu.

Proses pembuatan minuman ini adalah dari buah pisang Klutuk yang direbus dengan air dan disuling. Hasil dari proses penyulingan inilah yang digunakan untuk membuat minuman cui ini, karena mengandung alkohol. Kandungan alkohol gedang klutuk sama dengan minuman ciu biasa, sekitar 35-40%.

Baca Juga:Lima Ide Kombinasi Warna Jilbab Dengan Baju Sage, Biar Tampil Lebih Kece!Inilah Saung Bambu Parahyangan Yang Memakai Konsep Ala Bali,Tetapi Makanan Khas Sunda

Minuman ciu asal Jawa Tengah ini memiliki bau asam dan rasa pahit. Dikemas dalam botol dan dijual dengan harga antara Rp30.000 hingga Rp45.000. Selain dijual di pasar, Gedang Klutuk juga dijual melalui aplikasi online.

Warna minuman ini kuning keemasan seperti minyak kental sehingga menimbulkan rasa panas pada tubuh saat diminum dan dapat menyebabkan keracunan. Karena rasa hangat inilah kebanyakan orang meminum Gedang Klutuk pada malam hari dengan kedok menghangatkan badan.

Bahkan, banyak orang yang memiliki kebutuhan untuk menggunakan minuman beralkohol namun dengan biaya yang terbatas. Karena seperti yang kita tahu, minuman beralkohol bermerek harganya mahal.

Oleh karena itu, mereka lebih menyukai minuman tradisional yang harganya jauh lebih murah, seperti ciu. Namun sayangnya, minuman ciu lebih cenderung tercemar dengan bahan kimia berbahaya.

Inilah mengapa banyak korban jiwa berjatuhan akibat dari mengonsumsi minuman ciu ini. Tak heran jika polisi kerap menggerebek minuman jenis miras tersebut.Berlaku juga bagi minuman Gedang Klutuk ini, banyak yang sudah dioplos sehingga memiliki kadar kandungan alkohol yang berlebih yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh.

Itulah, informasi singkat yang harus Anda ketahui mengenai Minuman Gedang Klutuk asal Jawa Tengah ini. Jadi jangan coba-coba untuk mengonsumsinya ya! semoga bermanfaat terimakasih.

0 Komentar