Museum Situs Lembah Cisaar, Salah Satu Pintu Menuju Kesuksesan Kemajuan Desa

Museum Situs Lembah Cisaar, Salah Satu Pintu Menuju Kesuksesan Kemajuan Desa
Museum Situs Lembah Cisaar, Salah Satu Pintu Menuju Kesuksesan Kemajuan Desa
0 Komentar

Museum Situs Lembah Cisaar, Salah Satu Pintu Menuju Kesuksesan Kemajuan Desa

sumedangekspres – Museum Situs Purbakala Lembah Cisaar yang berada di Kantor Desa Jembarwangi Kecamatan Tomo diharapkan menjadi tujuan wisata baru dan menjadi pendongkrak kesejahteraan warga.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan saat meresmikan museum tersebut, Kamis (24/8)

Baca Juga:Mengembangkan Sistem Pertanian yang Efektif dan Efisien, Bupati Dony Ahmad Munir Minta Perhiptani Bisa Meningkatkan Hasil Pertanian MasyarakatRidwan Kamil: Program Leuit Juara, Komitmen Provinsi Jabar Dalam Menjaga Ketahanan Pangan Serta Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Kreatif

“Saya berharap dengan dibangunnya Museum Situs Lembah Cisaar ini,  kesejahteraan masyarakat Desa Jembarwangi semakin meningkat. Ini salah satu pintu menuju kesuksesan kemajuan desa,” katanya

Menurutnya, akses berupa infrastruktur jalan menjadi hal utama untuk kemajuan Museum Situs Lembah Cisaar.

“Jalan utamanya insyaallah tahun ini beres dari Jatigede sampai Tolengas. Sudah dianggarkan dan berjalan perbaikannya. Tinggal nanti jalan menuju Desa Jembarwangi,” ucapnya.

Dikatakan Wabup, salah satu daya dukung destinasi wisata adalah infrastuktur yang memadai.

“Bagaimana orang mau berkunjung ke sini, jika jalannya rusak. Oleh karena itu, harus didukung infrastuktur yang baik sehingga kesejahteraan masyarakat pun akan meningkat,” ujarnya

Wabup pun mengucapkan terimakasih atas kinerja jajaran Museum Geologi Bandung dalam mewujudkan museum tersebut.

“Terima kasih kepada rekan-rekan dari Museum Geologi Bandung dan stakeholder terkait dalam pembangunan dan penemuan fosil sejarah di Desa Jembarwangi ini,” ucapnya.

Baca Juga:Wabup Pamit kepada Warga Tanjungsari: Mohon Maaf Apabila Visi Misi Kami Masih Ada KekuranganRumah Sakit Unpad Menjadi Bagian Dari Solusi Kesehatan Masyarakat, Bupati Dony Menginstruksikan Dinas Terkait untuk Mempercepat dan Mempermudah Perizinan

Dikatakan Wabup, di wilayah Desa Jembarwangi masih banyak terdapat peninggalan-peninggalan pra sejarah.

“Saya berharap Satgas Kepurbakalaan bisa melindungi fosil maupun benda sejarah yang ada di Jembarwangi. Kerja sama dengan masyarakat. Jangan sampai mau diiming-imingi oleh pihak luar yang tidak bertanggung jawab. Kalau ini sudah dibeli oleh pihak luar, akan merugikan kita semua,” ucapnya soal Museum Situs Lembah Cisaar, Salah Satu Pintu Menuju Kesuksesan Kemajuan Desa.

Kepala Museum Geologi Bandung Isnu Hajar Sulistyawan mengatakan, Lembah Cisaar meliputi beberapa dusun di wilayah Jembarwangi.

“Kami telah sampai titik ini bisa membantu Pemda Sumedang untuk melakukan konservasi sekaligus pengelolaan fosil-fosil yang ditemukan di wilayah ini,” ucapnya.

Ia berharap, Museum Situs Lembah Cisaar bisa memberikan manfaat kepada masyarakat Jembarwangi dan Kabupaten Sumedang maupun bangsa Indonesia.

0 Komentar