Ini Penjelasannya Mengapa Baju Berwarna Gelap Sangat Gerah

Ini Penjelasannya Mengapa Baju Berwarna Gelap Sangat Gerah
Ini Penjelasannya Mengapa Baju Berwarna Gelap Sangat Gerah(Zetizens)
0 Komentar

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Berpakaian di Cuaca Panas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memilih warna yang menyerap atau tidak menyerap cahaya hanyalah salah satu dari sekian banyak faktor. Meski di beberapa wilayah Indonesia turun hujan, namun negara kita juga kerap dilanda kepanasan. Apalagi jika beberapa hari tidak turun hujan, sinar matahari akan sangat terik dan menimbulkan panas terik.

Ditambah lagi, ternyata warna pakaian juga bisa berpengaruh. Misalnya saja pakaian berwarna hitam membuatnya hot dan seksi. Mengenakan pakaian berwarna hitam saat cuaca panas tidak akan mendinginkan tubuh, namun juga akan membuat tubuh semakin panas.

Sinar matahari yang tampak putih ternyata berbeda warnanya jika dibiaskan lho. Sekadar diketahui, sinar matahari memiliki ukuran panjang gelombang tertentu lho Guys. Panjang gelombang cahaya mempengaruhi besar kecilnya gelombang cahaya yang diserap dan dipantulkan suatu benda.

Baca Juga:Ternyata Ini 8 Manfaat Minum Alkohol Untuk Kesehatan, Sangat Mengherankan!!Berinteraksi Secara Dekat Dengan Binatang di Suraloka Zoo Yogyakarta: Harga Tiket, Jam Buka, dan Aktivitas

Mata kita dapat melihat warna benda disekitarnya karena benda tersebut memantulkan warna tertentu. Misalnya, sebuah apel berwarna merah karena atom-atom dalam apel menyerap warna lain dan memantulkan warna merah.

Nah, alih-alih menyerap panas, benda berwarna hitam, termasuk pakaian, malah menyerap seluruh sinar matahari. Karena benda hitam menyerap semua cahaya, maka tampak gelap di mata kita. Jika benda berwarna hitam menyerap seluruh cahaya, maka energi cahaya akan berkumpul dan berubah menjadi panas.

Pasalnya cahaya yang terperangkap pada benda berwarna hitam akan diubah menjadi energi panas. Semakin gelap objeknya, semakin baik panasnya. Karena warna hitam menyerap cahaya dengan baik. Hal inilah yang menyebabkan sobat sering merasa tercekik dan kepanasan saat mengenakan pakaian berwarna hitam di luar ruangan.

Meski ada warna yang lebih banyak menyerap sinar matahari, namun pemilihan warna tidak terlalu menjadi masalah. Menurut Hello Sehat, berbagai faktor lebih berpengaruh terhadap efek pemanasan yang ditimbulkan oleh pakaian.

Ya! Hal ini memungkinkan terjadinya sirkulasi udara yang baik. Angin pada pakaian longgar akan menghilangkan panas dengan cepat. Hal ini juga menimbulkan rasa panas sehingga panas yang terserap dari pakaian tidak langsung mengenai kulit meskipun dalam keadaan gelap.

0 Komentar