Tak Kuat Nanjak, Truk Terguling di Tanjakan Tato

TERGULING: Mobil truk bermuatan GRC dari Kerawang menuju Conggeang Kabupaten Sumedang harus terguling di Tanjakan Tato Dusun Banas Banten, Desa Babakanasem Kecamatan Conggeang, Kamis (7/9/2023).
TERGULING: Mobil truk bermuatan GRC dari Kerawang menuju Conggeang Kabupaten Sumedang harus terguling di Tanjakan Tato Dusun Banas Banten, Desa Babakanasem Kecamatan Conggeang, Kamis (7/9/2023).
0 Komentar

sumedangekspres- Tak kuat menanjak, sebuah mobil truk bermuatan GRC dari Kerawang menuju Conggeang Kabupaten Sumedang harus terguling di Tanjakan Tato Dusun Banas Banten, Desa Babakanasem Kecamatan Conggeang, Kamis (7/9/2023).

Peristiwa terjadi sekitar pukul 06.30 pagi. Truk harus mundur kembali sejauh kurang 20 meter sebelum terguling.

“Beruntung di belakang mobil tidak ada motor atau kendaraan lain, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya sopir mengalami sakit pinggang akibat benturan,” kata Babinsa Babakanasem, Serma Didi N kepada Sumeks di lokasi kejadian.

Baca Juga:Delta Island Wisata Alam di Pusat KotaDiskominfo Blokir Situs Judi Online

Sebelumnya, kata dia, kernet sempat turun untuk menyiapkan ganjal apabila truk tak kuat menanjak. Namun, saat hampir sampai akhir tanjakan, truk tak kuat menanjak dan kembali mundur sehingga tak terkendali dan terguling.

“Kondisi jalan sendiri merupakan tanjakan curam dan panjang dengan kondisi jalan buruk dan licin. Selain itu, truk juga bermuatan berat dan tak mampu menanjak,” jelasnya.

Didi menyebutkan, sopir juga tidak mengetahui medan jalan karena baru pertama kali melintas. “Diperlukan keahlian khusus apabila melintas di jalan tersebut,” tandasnya.

Pantauan Sumeks, pasca terguling, kondisi truk bernomor polisi Z 9020 LF melintang di badan jalan. Cukup mengganggu mobilitas kendaraan lainnya. Proses evakuasi kendaraan truk pun segera dilakukan, lalu lintas pun kembali berjalan lancar. Mobilitas kendaraan di Tanjakan Tato kembali lancar setelah truk dievakuasi.

Sementara warga setempat, Indra menuturkan, kejadian truk tak kuat menanjak di Tanjakan Tato sering terjadi. Pasalnya, tanjakan cukup panjang dan kondisi jalan buruk dengan pasir dan batu, cukup licin apabila dilintasi.

“Pengendara harus berhati-hati saat melintas di Tanjakan Tato. Kecelakaan sendiri sering terjadi,” ujarnya.

Dia pun berharap, jalan kabupaten ruas Ujungjaya-Conggeang segera diperbaiki. Mengingat, hanya tinggal beberapa kilometer lagi kondisi jalan yang buruk.

Baca Juga:Sumedang Dukung Potensi GuruJelang Pemilu, Bawaslu dan KPU Berseteru

“Apabila tidak segera diperbaiki, kejadian akan terus berulang. Selain itu, jalur tersebut sering dilalui kendaraan yang mengambil jalan pintas menuju Tomo, Ujungjaya dan sekitarnya dari Conggeang ataupun sebaliknya,” tutupnya. (bim)

0 Komentar