Apakah Semua Handphone Perlu Antivirus? Simak Jawabanya

Apakah Semua Handphone Perlu Antivirus? Simak Jawabanya
(realsimple.com)Apakah Semua Handphone Perlu Antivirus? Simak Jawabanya
0 Komentar

sumedangekspres – Apakah Semua Handphone Perlu Antivirus? Simak Jawabanya, Menurut data android menjadi operasi sitem populer 80 persen digunakan pada smartphone yang kami miliki sebagai penggunak di Indonesia. Maka tidak usah heran bila isu keamanan data sering menjadi permasalahan utama.

Banyak orang menganggap salah satu solusi permasalahan ini adalah dengan menginstal aplikasi antivirus. Nah, apakah hal ini sepenuhnya berguna?

Perlukah Smartphone Android Aku Menggunakan Aplikasi Antivirus?

Pertanyaan ini mungkin terngiang bagi beberapa kalangan pengguna Android.

Bahkan mungkin saja, saat pertama kali aku menggunakan smartphone Android, aplikasi pertama yang wajib aku instal adalah aplikasi antivirus, seperti Kaspersky, AVG, Norton, dan sebagainya, kan?

Baca Juga:Jangan Asal-Asalan Mendaki, Nih Tips Panduan Pendaki PemulaSeru Banget Wisata Alam di Pineus Tilu Campground Pangalengan Bandung

Nyatanya penggunaan aplikasi antivirus di Android nggak sepenuhnya bermanfaat untuk melindungi perangkat dari virus, loh.

Atau bahkan bisa dibilang nggak berguna sama sekali, mengapa?

Dilansir dari Quora, Siddharth Shankar, seorang Engineer Keamanan Siber, mengklaim bahwa Android menjadi sistem operasi yang paling aman, karena memiliki dasar Kernel Linux yang memiliki modul khusus bernama Security-Enhanced Linux (SELinux).

Ditambah lagi, hampir semua aplikasi Android dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman JAVA yang sangat aman karena berjalan dalam JAVA Virtual Machine (JVM) yang mengisolasi aplikasi yang berjalan dengan menggunakan metode Sandboxing.

Bukan Virus! Malware Android yang Harus Diwaspadai

Shankar juga menjelaskan, bahwa para pengguna Android malah harus lebih waspada pada malware Android ketimbang virus.

Hal ini karena malware berupa aplikasi perusak yang memang dirancang untuk merusak perangkat yang digunakan.

Mulai dari melakukan pencurian data pribadi, kata sandi, nomor akun atau melacak lokasi tanpa sepengetahuan penggunannya.

Nah untuk mewaspada malware Android ini, ada beberapa langkah preventif yang dapat dilakukan, di antaranya:

Baca Juga:Wisata Kuliner Kecanduan Mie Kocok Pa Karso di Pasar Baru BandungKenikmatan Yang Haqiqi Camping Di Ciwidey Bandung

  • Jangan meng-install aplikasi yang berada di luar layanan resmi yakni Google Play Store,
  • Selalu perhatikan permission yang diminta aplikasi sebelum meng-install di smartphone,
  • Jangan mengakses situs-situs pornografi, dan
  • Jangan klik pada tautan yang mencurigakan, seperti promosi di WhatsApp maupun di email.

Nah itulah jawaban dari pertanyaan perlukah kamu meng-install aplikasi antivirus di smartphone Android. Buat kamu yang masih khawatir, aplikasi antivirus Android bisa kamu gunakan sebagai aplikasi pendukung smartphone guys.

0 Komentar