Aktif Berdayakan UMKM, BRI Kembali Selenggarakan Program Inovatif ‘Pengusaha Muda BRILiaN 2023’

Aktif Berdayakan UMKM, BRI Kembali Selenggarakan Program Inovatif ‘Pengusaha Muda BRILiaN 2023’
Aktif Berdayakan UMKM, BRI Kembali Selenggarakan Program Inovatif ‘Pengusaha Muda BRILiaN 2023’ (ist)
0 Komentar

sumedangekspres, Jakarta – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pilar penting pembangunan ekonomi Indonesia yang terus didorong agar dapat naik kelas untuk berkontribusi lebih besar bagi perekonomian Indonesia. Sektor ini pun menjadi perhatian utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, salah satunya ditunjukkan dari berbagai kegiatan pemberdayaan UMKM melalui program inovatif untuk mengakselerasi bisnis UMKM, yakni “Pengusaha Muda BRILian (PMB) 2023”.

Terkait hal ini, menandai dimulainya PMB 2023, digelar kick off yang dihadiri secara langsung oleh peserta PMB terpilih di Jakarta dan disaksikan secara virtual oleh peserta terpilih di 9 (Sembilan) kota lainnya pada 19 September 2023. Selain itu, BRI juga mengundang total 10 UMKM (8 UMKM alumni PMB 2020 dan 2022 serta 2 UMKM peserta PMB 2023) untuk bazaar sebagai rangkaian acara yang diselenggarakan di Taman Sentra BRI.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan, melalui PMB 2023 BRI berperan aktif dalam mewujudkan pembangunan menuju Indonesia Emas 2045 dengan mempersiapkan generasi muda yang memiliki kompetensi, keahlian, menguasai teknologi dan mampu bersaing.

Baca Juga:Dukung Upaya Pemerintah Bebas Emisi Karbon, BRI Kembali Tanam Bibit Mangrove di Pulau Tidung, Total 10.500 Bibit di 2023Satrio Nurhakim Setiawan: Bangga Punya Kopi Hideung Khas Karawang

“Pengusaha muda terpilih harus menanamkan nilai-nilai, seperti integritas, etos kerja, dan gotong royong yang akan menjadi parameter penilaian selama program ini berlangsung,” ujar Amam.

Sebagai informasi, Pengusaha Muda BRILian tahun ini menjaring total peserta hingga ribuan UMKM di 10 kota, yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Malang, Makassar, Bandar Lampung, dan Medan.

Jumlah titik penyelenggaraan kali ini diperluas dengan 2 (dua) titik berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu Malang dan Bandar Lampung. Perluasan ini merupakan bentuk komitmen BRI untuk terus memperluas jangkauan pemberdayaan UMKM terutama pengusaha muda di Indonesia.

Kemudian sasaran program PMB 2023 ini merupakan pengusaha muda dengan batas usia maksimal 40 tahun dan memiliki kategori usaha yang bergerak di bidang food & beverage, fashion, handicraft dan beauty & health care dengan omzet mulai dari Rp50 – Rp500 juta.

Pengumuman peserta lolos yang hadir pada event ini telah dilakukan sebelumnya pada tanggal 13 September 2023. Pada tahun ini, sebagai komitmen BRI Group, para pengusaha muda terpilih juga berkesempatan untuk menampilkan brand-nya kepada BRI Ventures untuk mendapatkan pendanaan.

0 Komentar