Puluhan Warga Jaga Keamanan Pemilu

ATEP BIMO AS/SUMEKS GOTO BERSAMA: Jajaran Formaco berserta Forkopimcam dan Panwaslu Kecamatan Conggeang melakukan foto bersama seusai deklarasi Formaco, baru-baru ini.
ATEP BIMO AS/SUMEKS GOTO BERSAMA: Jajaran Formaco berserta Forkopimcam dan Panwaslu Kecamatan Conggeang melakukan foto bersama seusai deklarasi Formaco, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres – Forum Masyarakat Conggeang (Formaco) dibentuk dan dideklarasikan saat Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Panwaslu Kecamatan Conggeang di Gedung KPGC Kecamatan Conggeang, baru-baru ini.

Ketua Panwaslu Kecamatan Conggeang Hasan Ali AMd mengatakan, Formaco ini dibentuk oleh Panwaslu Kecamatan Conggeang untuk mengawasi tahapan Pemilu. Diharapkan, outputnya adalah Pemilu yang demokratis, adil Jujur dan damai.

“Formaco sendiri unsurnya merupakan lapisan masyarakat. Seperti, pemilih pemula, tokoh masyarakat, unsur guru melalui PGRI, organisasi masyarakat seperti PP dan lain sebagainya,” kata Hasan Ali.

Baca Juga:Demokrat Sumedang Mulai Panaskan Mesin PartaiKades Ciawitali Dituntut Mundur, Diduga Selewengkan Anggaran Desa

Kata dia, Formaco dideklarasikan untuk bersama Bawaslu ikut serta mengawasi tahapan pemilu agar sukses. Untuk tingkat desa, Formaco sendiri terdiri dari Tokoh masyarakat desa serta masyarakat secara keseluruhan.

“Dasar hukum pembentukan Formaco sendiri adalah UU no 7 tahun 2017 secara keseluruhan. Turunannya dalam bentuk Perbawaslu No 2 tahun 2023 yaang berisi harus melibatkan masyarakat dalam pengawasan,” katanya.

Diakui, adanya pengawasan yang melibatkan unsur masyarakat merupakan arahan dari Bawaslu RI melalui Bawaslu Provinsi, Kabupaten dan bekerjasama serta berkolaborasi dengan Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa.

Dia berharap Formaco mampu berperan serta dalam pengawasan Tahapan Pemilu. Karena, petugas Panwaslu Kecamatan dan PKD yang definitif tidak akan mencukupi secara keseluruhan untuk mengikuti perkembangan yang begitu dinamis dalam Pemilu. Sehingga, diperlukan peran serta masyarakat.

Dikatakan, keberadaan Formaco ini dapat mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran  Pemilu. Utamanya sesuai dengan strategi Bawaslu RI untuk pemilu sekarang dengan adanya pencegahan.

Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Panwaslu Kecamatan Conggeang diikuti antusias berbagai unsur masyarakat. Mereka dengan khusus mendengarkan pemateri yang memberikan arahan terkait Pemilu.

Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Panwaslu Kecamatan Conggeang puluhan peserta. Adapun yang menjadi pemateri diantaranya DR. Dadang Priyatna, Ade Sunarya SPd, MPD MH dan Minnatilah SPD MPD. (bim)

 

0 Komentar