Kamu Karyawan Tapi Pengin Usaha? Ini 10 Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Karyawan dengan Modal Kecil

Kamu Karyawan Tapi Pengin Usaha? Ini 10 Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Karyawan dengan Modal Kecil
Kamu Karyawan Tapi Pengin Usaha? Ini 10 Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Karyawan dengan Modal Kecil (ist/s3.amazonaws.com)
0 Komentar

 

3. Usaha makanan

Apakah Anda mempunyai passion di kategori makanan? Ada banyak hal terkait makanan yang bisa dilakukan untuk memperoleh pemasukan sampingan. Sebut saja,

Usaha makanan homemade. Punya keahlian khusus dalam membuat jenis makanan tertentu, misalnya kue, selai, dan saus? Buatlah produk-produk homemade yang Anda bisa, lalu jual secara online atau offline.

  • Juru masak. Jika jago memasak, tawarkan jasa untuk menjadi juru masak makanan siap saji.
  • Pendekorasi kue. Manfaatkan jiwa kreatif Anda dalam menghias kue untuk memperoleh profit sambilan!
  • Perencana pola makan atau pembina gizi. Apabila punya keahlian di bidang kesehatan, profesi sampingan ini bisa menjadi pilihan.

4. Berjualan produk digital

Baca Juga:Pengertian Bentuk Usaha Tetap, Lengkap Dengan Contoh, Jenis dan Informasi Pajak40+ Aplikasi Penghasil Uang yang Terdaftar dan Tidak Terdaftar di OJK, 100 Ribu Perhari Langsung ke Rekening

Produk digital merupakan salah satu ide usaha sambilan yang membutuhkan sedikit modal. Pada dasarnya, Anda hanya memerlukan perangkat elektronik, seperti laptop, ponsel, atau tablet, sebagai modal awal. Jika sudah memiliki modal tersebut, tinggal sediakan waktu, tenaga, dan pikiran untuk memproduksi barang digital.

Beberapa produk digital yang bisa dijual, antara lain:

  • Aset digital, termasuk gambar untuk media sosial, ikon, fon, dan infografis.
  • Konten audio, seperti efek suara, sulih suara, serta konversi teks ke audio.
  • Template untuk situs web, resume, PowerPoint, ataupun pola jahit dan rajut.
  • Desain yang dapat dicetak, misalnya, kolom jadwal harian atau templat keuangan.

5. Membuka kursus online

Usaha sambilan yang satu ini bisa dikatakan cukup booming. Pasalnya, ada banyak kalangan yang membutuhkan kursus dan rela membayar dengan jumlah besar demi memperoleh bimbingan yang berkualitas. Sebut saja, para pelajar yang ingin meningkatkan pengetahuan, perusahaan yang membayarkan kursus untuk karyawannya, atau perseorangan yang ingin menguasai hobinya.

Apabila Anda punya pengetahuan atau keahlian spesifik, kursus online menjadi ide bisnis sambilan yang pas. Beberapa kategori kursus yang populer, contohnya, musik, pengembangan personal, fotografi, memasak, pemasaran, bahasa, teknik, dan perangkat lunak. Tanpa modal besar, Anda dapat berbagi pengetahuan yang bermanfaat sekaligus memperoleh pemasukan!

6. Usaha hewan peliharaan

Bisnis sampingan ini direkomendasikan bagi Anda yang menyukai dunia hewan. Jenis usaha ini dapat berupa penjualan produk, seperti makanan, mainan, dan aksesori hewan. Anda juga bisa menyediakan layanan jasa, seperti misalnya grooming atau pelatihan binatang peliharaan.

0 Komentar