Cara mudah membuat slip gaji: Manfaat slip gaji untuk karyawan!

Cara mudah membuat slip gaji
Cara mudah membuat slip gaji(ist)
0 Komentar

sumedangekspres– Cara mudah membuat slip gaji, untuk kamu yang sedang mencari cara mudah dan bisa dikerjakan secara online slip gaji karyawan

Pembuatan slip gaji secara online pun lebih cepat karena kamu bisa memasukkan datanya secara otomatis. Karyawan akan lebih mudah mengakses slip gaji dan langsung mengetahui rincian penghasilan yang diterima. Menarik sekali, bukan?

Yuk, cari tahu selengkapnya tentang langkah-langkah membuat slip gaji online di artikel ini.

Baca Juga:Indonesia kirim bantuan ke Palestina: Bantuan kemanusiaan untuk Palestina!Bobby harus mengembalikan Kartu Tanda Anggota PDI-P: Jika Bobby dukung Gibran?

Manfaat Slip Gaji Karyawan
Kegiatan pembayaran gaji tidak terbatas pada pembayaran upah melalui sistem pembayaran yang telah disepakati. Kamu perlu membuat slip gaji sebagai bukti penghasilan dan potongan yang diperoleh karyawan per bulannya.

Slip gaji merupakan bukti resmi penerimaan gaji karyawan dari perusahaan. Slip gaji ini sangat penting baik bagi karyawan maupun pemberi kerja atau perusahaan. Mengapa? Berikut ini beberapa alasannya.

1. Mencatat Rincian Slip Gaji Karyawan

Slip gaji berisi rincian komponen dari nominal gaji per bulan, terutama gaji pokok. Selain gaji pokok, setiap perusahaan memiliki rincian komponen tunjangan dan potongan yang berbeda sesuai kebijakan yang telah ditetapkan.

Karyawan dapat mengetahui detail penghasilan yang diterima, apakah mengalami penambahan atau pengurangan dari bulan sebelumnya.

Komponen tunjangan bisa berupa uang makan, uang transportasi, tunjangan internet bagi yang bekerja secara WFH, dan sebagainya. Ada pula komponen tunjangan hari raya (THR) yang diberikan sesuai peraturan yang berlaku.

Sedangkan komponen potongan terdiri dari asuransi, zakat, iuran, dan lain-lain. Potongan gaji akibat pelanggaran yang dilakukan oleh karyawan, seperti terlambat atau absen tanpa alasan jelas, juga termasuk dalam komponen ini.

2. Memudahkan saat Mengajukan Kredit atau KPR
Slip gaji merupakan salah satu persyaratan administratif yang wajib ada kalau kamu ingin mengajukan kredit apa pun, termasuk kredit kendaraan, rumah, atau pinjaman tanpa agunan.

Baca Juga:Sewa gedung pernikahan di Sumedang harga mulai dari 5 juta!Cara praktis membuat makanan khas Yogyakarta: Yuk intip cara praktis dan mudahnya!

Kreditur akan mempertimbangkan kemampuan pembayaran kamu melalui slip gaji yang terlampir sekaligus menetapkan tenor atau jangka waktu pembayaran kredit.

Pembuatan kartu kredit juga mensyaratkan slip gaji sebagai syarat yang wajib dipenuhi. Pihak bank akan menetapkan limit kartu kredit sesuai nominal gaji yang telah dilampirkan agar tidak melebihi batas kemampuan pembayaranmu.

0 Komentar