Khasiat Bunga Wijaya Kusuma untuk kesehatan: Harum memikat dan memiliki khasiat!

Khasiat Bunga Wijaya Kusuma untuk kesehatan
Khasiat Bunga Wijaya Kusuma untuk kesehatan(ist)
0 Komentar

sumedangekspres– Khasiat Bunga Wijaya Kusuma untuk kesehatan, ternyata bunga wijaya kusuma adalah tanaman obat yang berharga karena dapat membantu menyembuhkan berbagai masalah kesehatan.

Bunga ini mekarnya hanya pada malam hari, sedangkan esok paginya di saat matahari telah terbit bunga ini langsung layu.

Walaupun termasuk tanaman yang mirip kaktus dan jarang berbunga, bunga wijaya kusuma layak dijadikan tanaman hias yang tidak hanya mempercantik pekarangan rumah, namun juga memiliki manfaat sebagai obat tradisional.

Baca Juga:Tanda orang berpengetahuan luas: Sedikit bicara banyak bertindak!Perbincangan politik jadi semakin memanas menjelang pemilu 2024

Bunga wijaya kusuma memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan karena adanya nutrisi dalam tumbuhan yang berupa protein, asam lemak, dan sejumlah vitamin.

Bunga wijaya kusuma juga terbukti mengandung saponin, senyawa fenolik, steroid, glikosida, tanin, terpenoid, dan resin.

Saponin diketahui memiliki manfaat antikolesterol dalam tubuh, sedangkan senyawa fenolik terkenal sebagai manfaat antibakteri.

Namun, manfaat bunga wijaya kusuma masih terbatas, karena belum ada penelitian lebih lanjut yang menemukan kandungan dalam bunga ini sebagai antijamur. Sehingga belum dapat mengatasi penyakit-penyakit yang diakibatkan infeksi jamur.

Dengan berbagai kandungan yang mendukung sederet manfaat bunga wijaya kusuma untuk kesehatan, tanaman ini secara keseluruhan dapat dianggap sebagai salah satu tanaman obat yang bisa menjadi pilihan untuk dipelihara di rumah.

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma untuk Kesehatan

Dalam sebuah studi di jurnal Indo American Journal of Pharmaceutical Sciences, diungkapkan bahwa bunga wijaya kusuma di Malaysia dan Vietnam telah digunakan sebagai bahan penting dalam obat-obatan tradisional.

Misalnya, untuk mengatasi batuk, pendarahan rahim, kesulitan bernapas, menetralkan penyumbatan darah, dan lain-lain.

Baca Juga:Daftar Pemain Sinetron Tertawan Hati: Ternyata aktris dan aktor ternama!Aurel Hemansyah melahirkan anak kedua: Tanggal cantik di bulan November!

Manfaat bunga wijaya kusuma untuk kesehatan ini didapat dari adanya senyawa alami yang ada di dalam tumbuhan, seperti senyawa fenolik yang merupakan antibakteri.

Beberapa manfaat bunga wijaya kusuma untuk kesehatan ini bisa diperoleh dengan berbagai cara.

Bisa dengan cara meminum air rebusan bunga atau bagian tanaman lainnya yang digiling halus dan dioleskan pada kulit yang bermasalah.

Karena banyaknya senyawa yang bermanfaat dalan kandungannya, inilah manfaat bunga wijaya kusuma untuk kesehatan yang perlu diketahui.

0 Komentar