TPSA Cijeruk Segera Beroperasi

DISKUSI: Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Tuti Ruswati saat ditemui dalam sebuah acara di Sumedang, kemarin.
DISKUSI: Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Tuti Ruswati saat ditemui dalam sebuah acara di Sumedang, kemarin.
0 Komentar

sumedangekspres – Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cijeruk di Desa Cijeruk, Kecamatan Pamulihan, Sumedang, segera difungsikan pada akhir tahun 2023 atau Minggu depan. Langkah terakhir yang perlu diatasi untuk memungkinkan penggunaan TPSA adalah perbaikan akses jalan menuju lokasi.

“Saat ini, proyek perbaikan akses jalan tersebut sedang berlangsung, dengan fokus pada penambalan jalan yang mengalami kerusakan,” ujar Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Tuti Ruswati saat menghadiri Ultah Brimob Polda Jabar di Jatinangor, Kamis (16/11).

“Akses jalan menuju TPSA sudah dapat digunakan oleh kendaraan tonase kecil pengangkut sampah, namun dengan kapasitas yang masih terbatas,” jelas Tuti.

Baca Juga:Tidak Semua Jalan Sesuai Standar, Perbaikan Enam Ruas Masih Menunggu Restu PusatMAN 2 Sumedang Bentuk Karakter Siswa Mandiri

Menurut Tuti, operasional TPSA Cijeruk akan memberikan bantuan signifikan bagi Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam menangani masalah sampah khususnya di wilayah Sumedang. Hingga saat ini, seluruh sampah di Kabupaten Sumedang dikirimkan ke TPSA Cibeureum.

Dengan beroperasinya TPSA Cijeruk, sampah dari wilayah Sumedang Barat dapat ditangani secara lebih efektif.

“Dengan beroperasinya TPSA Cijeruk, kami berharap dapat mengurangi volume sampah yang dikirimkan ke TPSA Cibeureum. Setidaknya, sampah yang berasal dari wilayah barat Sumedang dapat diarahkan ke TPSA Cijeruk,” tambahnya.

Keberhasilan operasional TPSA Cijeruk diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengefisiensikan pengelolaan sampah di tingkat lokal. Sekaligus mengurangi beban TPSA Cibeureum yang selama ini menangani seluruh sampah dari Kabupaten Sumedang. (kos)

 

0 Komentar