Bank Sampah Naluk Lestari Sumedang Resmi Beroperasi, Buat Warga Lebih Produktif

Bank Sampah Naluk Lestari
Bank Sampah Naluk Lestari/Jurnal Suma
0 Komentar

sumedangekspres – Dusun 2 Desa Naluk Kecamatan Cimalaka telah resmi meluncurkan Bank Sampah Naluk Lestari pada Sabtu (18/11/2023), sebuah langkah monumental yang diresmikan oleh Kepala Desa Naluk dan dihadiri oleh Kepala Dusun 2 Naluk, serta Patriot Desa Naluk bersama perwakilan masyarakat Desa Naluk.

Langkah ini menandai komitmen bersama untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam mengelola sampah, berkolaborasi dengan Ketua Bank Sampah Induk Kabupaten Sumedang.

Menurut Patriot Desa Naluk, Indra Rezza Valentino, peresmian Bank Sampah Naluk Lestari merupakan tindak lanjut dari kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat seputar pengelolaan sampah.

Baca Juga:Kebakaran Rumah Permanen di Pamulihan, Sumedang, Alami Kerugian Mencapai Rp500 jutaDonasi untuk Palestina Terkumpul Sebesar Rp314.255.000 Terkumpul Saat Aksi Bela Palestina di Lapang PPS Sumedang

“Ini merupakan upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama ibu-ibu di Dusun 2 Naluk,” ungkap Indra.

Bank Sampah Naluk Lestari, yang beroperasi setiap hari Sabtu dan Minggu dari pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB, diinisiasi oleh Patriot Desa Naluk bersama penggerak lokal.

Indra menambahkan, “Bank Sampah ini merupakan upaya dalam bidang lingkungan dan melibatkan seluruh masyarakat, mulai dari mengumpulkan sampah anorganik hingga menjualnya ke bank sampah untuk mendapatkan nilai ekonomi.”

Kepala Desa Naluk Kecamatan Cimalaka, Engkus Kusnadi, memberikan apresiasi atas diresmikannya Bank Sampah Naluk Lestari.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan langkah positif dalam meminimalisir sampah.

“Mudah-mudahan bisa terus menjadi upaya yang berkelanjutan dalam meminimalisir sampah,” ujar Engkus.

Pelaksanaan bank sampah melibatkan ibu rumah tangga sebagai pengelolanya, dan rencananya, kawula muda di Desa Naluk juga akan ikut terlibat.

Engkus menjelaskan, “Memilih agen bank sampah di sini karena banyak ibu-ibu produktif, dan banyak yang memiliki waktu luang. Jadi, adanya Bank Sampah Naluk Lestari diharapkan tidak hanya memiliki nilai sosial dan menjaga lingkungan, tetapi juga memiliki nilai ekonomi.”

Baca Juga:Pemberantasan Rokok Ilegal Dilakukan Satpol PP Kabupaten SumedangKamu Tau Gak, Apa Ciri Khas Kota Sumedang? Sini Aja Kalo Gak Tau!

Direktur Bank Sampah Naluk Lestari, Heni Suhaeni, turut bersyukur atas peresmian bank sampah yang dapat meningkatkan produktivitas warga.

Beliau berharap, “Mudah-mudahan ini bisa menjadi ladang produktif.”

Terlebih, pada tahun 2024, Pemerintah Desa Naluk berencana menggelar program Pemuda Peduli Lingkungan (PEPELING) yang akan bersinergi dengan Bank Sampah Naluk Lestari.

Antusiasme masyarakat desa terasa begitu kuat setelah Bank Sampah Naluk Lestari dibuka.

0 Komentar