Luar Biasa, Unpad Kembangkan Budidaya Stroberi Premium Asal Jepang

Unpad Kembangkan Budidaya Stroberi Premium Asal Jepang
Unpad Kembangkan Budidaya Stroberi Premium Asal Jepang(istimewa/unpad.ac.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Universitas Padjajaran (Unpad) Kembangkan Budidaya Stroberi Premium Asal Jepang

Dikutip dari unpad.ac.id, Universitas Padjajaran (Unpad) saat ini telah mengembangkan budidaya stroberi premium asal Jepang. 5 varietas stroberi asal jepang tersebut dibudidayakan di rumah kaca Jatinangor Unpad.

Koordinator pengelola Ichigo Plant Factory Unpad Prof. Dr. Ir. Reginawanti Hindersah, M.P., menjelaskan, bibit dan benih stroberi tersebut didatangkan langsung dari produsen di Jepang.

Bibit stroberi tersebut dipelihara dengan prosedur terstandar di dalam rumah pembibitan sampai dipindahtanamkan ke rumah kaca yang sepenuhnya otomatis.

Baca Juga:Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Hujan: Sosialisasi BPBD Sumedang untuk Meningkatkan Kesadaran WargaMata Air Cikandung Sumedang Dilindungi Pohon Raksasa Berusia Ratusan Tahun

Proses budidaya stroberi premium asal Jepang tersebut dilakukan di rumah kaca khusus  Unpad dan ditingkatkan melalui kerja sama dengan Start Up Japan Premium Vegetable (JPV) dan Japan International Research Centre for Agricultural Sciences (JIRCAS).

Rumah kaca diperbarui dengan perangkat dan teknologi khusus supaya stroberi optimal dapat tumbuh di wilayan Monsoon. Produksi stroberi di rumah kaca menggunakan teknologi tinggi berbasis IoT mengikuti standard JPV.

Pembibitan dan budidaya stroberi dilakukan dengan sistem hidroponik dan menggunakan media tanam dan larutan nutrisi yang diteliti dan dikembangkan oleh peneliti Fakultas Pertanian Unpad.

Dengan sedikit modifikasi, media tanam dan nutrisi tanaman dari Faperta Unpad ternyata cocok untuk pembibitan dan budi daya stroberi tersebut.

Selain itu, Peneliti Unpad akan terus mempelajari teknologi Jepang untuk membudidayakan stroberi asal Jepang yang terkenal manis dan harum di daerah Monsoon.

Budidaya ini memerlukan proses yang cukup panjang, dan berhasil memiliki kerjasama dengan perusahaan asal jepang tersebut.

Rumah kaca yang berlokasi di komplek Bale Tatanen Unpad rutin dikunjungi oleh para pimpinan perusahaan pemasok peralatan dari Jepang untuk memastikan seluruh teknologi rumah kaca berjalan dengan baik. ungkap Prof.Regina.

Baca Juga:Petani Tembakau Sumedang Harus Kembangkan Usaha Ternak dan PerikananPetugas Damkar Sumedang Vs Ular Sanca 4 Meter : Menang Telak

Sampai saat ini belum ada teknisi Unpad yang khusus menangani sistem kelistrikan dan IoT rumah kaca; masalah tertentu masih ditangani oleh ahli dari Jepang di bawah koordinasi Mr. Kenji Endo, CEO JPV.

Tantangan besar yang dihadapi selama proses budidaya stroberi premium asal Jepang ini adalah stabilitas listrik dan kualitas air. Pemadaman listrik bisa memutus aliran air, nutrisi dan sistem IoT di rumah kaca.

0 Komentar