Penelitian Program Magister Konservasi Laut Unpad Gelar Studi Lapangan ke Kawasan Pesisir Ujung Genteng

Penelitian Program Magister Konservasi Laut Unpad Gelar Studi Lapangan ke Kawasan Pesisir Ujung Genteng
Penelitian Program Magister Konservasi Laut Unpad Gelar Studi Lapangan ke Kawasan Pesisir Ujung Genteng(istimewa/unpad.ac.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Program Magister Konservasi Laut Unpad Gelar Studi Lapangan ke Kawasan Pesisir Ujung Genteng

Dikutip dari unpad.ac.id, Sejumlah mahasiswa Program Magister Konservasi Laut Unpad mengunjungi Kawasan Konservasi Penyu Pangumbahan yang berlokasi di Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 13 sampai 15 November 2023 yang diikuti oleh 27 mahasiswa, 2 Dosen, satu analis dan satu asisten.

Baca Juga:Beasiswa S2 Pusbindiklatren Bappenas 2024 Tahap 1 Telah Dibuka, Cepat Daftar!Terbaik Hunian Terdekat Unpad Jatinangor Yang Nyaman

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan Magister Konservasi Laut Unpad berupa kegiatan riset dan pengabdian kepada masyarakat pada ekosistem penting di pesisir pantai yaitu mangrove, lamun, terumbu karang, dan habitat peneluran penyu yang berada di Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan yang dilaksanakannya berupa diving, membuat plot-plot penelitian pada ekosistem terumbu karang, lamun dan mangrove di kawasan konservasi, serta meneliti tingkah laku reproduksi penyu.

Dr. Dra. Titin Herawati, M.Si, yang selaku ketua Program Studi Magister Konservasi Laut memiliki harapan bahwa, kegiatan studi lapangan dan riset ini merupakan kegiatan tahunan yang berkolaborasi antara akademisi (dosen dan mahasiswa), institusi, dan masyarakat.

“Semoga mahasiswa Magister Konservasi Laut (MKL) Unpad dapat belajar langsung di lapangan, menganalisis fakta yang ada, dan menuangkannya dalam bentuk manuskrip yang dipublikasikan di jurnal terindeks sehingga tujuan pembelajaran Outcome Base Education dan lulus tepat waktu tercapai, seiring dengan peringkat Akreditasi Internasional Program Studi MKL ASIIN,” ujarnya.

Arifkriyana Saefurrahman selaku mahasiswa Magister Konservasi Laut menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat membantu untuk proses menghadapi tugas akhir.

Ini disebabkan, mahasiswa diajak langsung ke ekosistem yang ada di daerah kawasan konservasi penyu Pangumbahan, untuk mempelajari tidak hanya penyu, tetapi juga mangrove, lamun dan juga terumbu karang.

“Selain itu kamipun melakukan pengabdian berupa pelestarian sumber daya pesisir dan laut melalui Coastal Clean Up dan melepasliarkan tukik.

0 Komentar