Festival Tembakau Sumedang: Membuka Peluang Baru dalam Perekonomian Daerah

Festival Tembakau Sumedang
Festival Tembakau Sumedang (ist/pinterest)
0 Komentar

sumedangekspres – Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Tuti Ruswati antusias membuka “Festival Tembakau Sumedang” yang berlangsung pada Jumat (24/11/2023) di kawasan lelang tembakau Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

Festival ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mempromosikan potensi besar budidaya tembakau, menggambarkan peran strategis Sumedang dalam peta perekonomian nasional.

Dalam sambutannya Tuti Ruswati menjelaskan posisi strategis Kabupaten Sumedang dalam bidang budidaya tembakau.

Baca Juga:Dampak Puting Beliung di Sumedang, Kenali juga Ciri, Dampak, dan Antisipasinya!Ridwan Kamil: Antara Tantangan Politik dan Komitmen Regional

Ia menekankan peningkatan aksesibilitas khususnya menggunakan tol Cisumdawu. Hal ini mengurangi waktu tempuh dari kota-kota besar seperti Bandung, Cirebon, dan Majalengka.

Kehadiran pelabuhan dan bandara di kawasan ini memberikan peluang bagi Sumedang untuk menjadi pusat komersial sektor pertanian, khususnya sektor tembakau.

Meski membawa peluang besar, Tuti juga menegaskan tantangan besar juga akan ada, yakni kemungkinan keluarnya uang dari daerah.

Oleh karena itu, diperlukan strategi yang cerdas untuk mengelola potensi ekonomi tersebut agar dampak positifnya dapat dirasakan semaksimal mungkin di tingkat lokal.

Festival Tembakau Sumedang tidak hanya sekedar pameran tetapi juga upaya mendatangkan modal bagi Kabupaten Sumedang.

Dalam konteks statistik, sektor pertanian, termasuk pertanian tembakau, menjadi kontributor signifikan terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDRB) Sumedang.

Menurut Tuti, luas lahan tembakau di Sumedang mencapai 2.528 hektare, dengan 243 kelompok tani tembakau tersebar di 25 kecamatan.

Tembakau mole dan tembakau hitam menjadi produk unggulan dari Sumedang.

Baca Juga:Tindakan Penyelundupan Manusia Terungkap! Empat WNA Bangladesh Diamankan di Pantai Citepus, SukabumiKenaikan Tinggi Muka Air Waduk Jatigede Akibat Hujan di Hulu Sungai Cimanuk

Dengan digelarnya Festival Tembakau, diharapkan semakin banyak pihak yang terlibat dan semakin meningkatnya kesadaran akan potensi besar dalam sektor tembakau Sumedang.

0 Komentar