Universitas Padjadjaran Memperingati Hari Guru Nasional: Merdeka Belajar Sebagai Tantangan dan Pencapaian

Universitas Padjadjaran Memperingati Hari Guru Nasional
Universitas Padjadjaran Memperingati Hari Guru Nasional (ist/pin)
0 Komentar

sumedangekspres – Pada tanggal 25 November 2023, Universitas Padjadjaran menyelenggarakan upacara peringatan Hari Guru Nasional di halaman Gedung Rektorat Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung.

Acara yang dihadiri oleh pimpinan, dosen dan tenaga kependidikan Unpad ini menciptakan suasana penuh makna untuk menghormati peran penting guru.

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti berperan sebagai pembina upacara.

Dalam pidatonya, beliau membacakan pidato Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Baca Juga:Dampak Kenaikan Harga Kedelai: Keluhan Pedagang dan Harapan StabilitasRSUD dr. Soekardjo Terkendala Masalah Keuangan: Suplai Obat Menipis Akibat Utang

Dalam pembacaan Rektor, Mendikbud menyampaikan optimismenya terhadap guru Indonesia. Menurutnya, ada transisi penting menuju kebijakan Merdeka Belajar di bidang pendidikan Tanah Air.

Keyakinan tersebut bukan sekadar harapan, melainkan tumbuh dari pencapaian empat tahun terakhir. Salah satu pencapaian yang menonjol adalah tahun pertama implementasi Merdeka Belajar.

Saat itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meniadakan ujian nasional dan memberikan kepercayaan penuh kepada guru dalam mengevaluasi hasil belajar siswa.

Langkah ini tidak hanya menawarkan fleksibilitas kepada guru, namun juga mendorong kreativitas dalam menilai kemajuan siswa.

Aspek lain yang juga diperkenalkan adalah pelaksanaan asesmen nasional. Hal ini dilakukan dengan tujuan menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif dan menyenangkan bagi setiap siswa.

Menurut rektor, asesmen nasional merupakan alat penting untuk mengukur kemajuan pembelajaran dan memastikan kesetaraan dan keberagaman menjadi yang terdepan dalam pendidikan Indonesia.

Pada saat yang sama, Kemendikbudristek juga meluncurkan kurikulum mandiri.

Kurikulum ini memberikan arahan dan petunjuk untuk mencapai tujuan pelaksanaan asesmen nasional.

Baca Juga:Festival Tembakau Sumedang: Membuka Peluang Baru dalam Perekonomian DaerahDampak Puting Beliung di Sumedang, Kenali juga Ciri, Dampak, dan Antisipasinya!

Selain itu, akan diciptakan landasan pendidikan yang sesuai dengan semangat Merdeka Belajar, yang mengutamakan kemandirian siswa dalam belajar.

Perayaan Hari Guru secara nasional di Unpad tidak hanya sekedar upacara namun juga menjadi ajang refleksi dan apresiasi terhadap peran guru dalam membangun masa depan negeri.

Dalam semangat kebebasan belajar, diharapkan guru dapat terus memberikan inspirasi, membimbing dan membantu siswa mencapai potensi terbaiknya.

Sebagai lembaga pendidikan yang berdedikasi pada mutu dan inovasi, Universitas Padjadjaran ikut serta mewujudkan visi pemerintah untuk menciptakan generasi yang lebih baik dan berdaya saing.

0 Komentar