ILUNI UI dan Sadewa Adakan Pelatihan Guru dan Kepala Sekolah di Sumedang

ILUNI UI dan Sadewa Adakan Pelatihan Guru dan Kepala Sekolah di Sumedang
ILUNI UI dan Sadewa Adakan Pelatihan Guru dan Kepala Sekolah di Sumedang (ist/DOK ILUNI UI)
0 Komentar

sumedangekspres – ILUNI UI dan Sadewa Adakan Pelatihan Guru dan Kepala Sekolah di Sumedang.

Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) bersama Alumni Gerakan UI Mengajar (GUIM) Sayap Dewantara (SADEWA) telah menyelenggarakan pelatihan bagi guru dan kepala sekolah di SD di Kabupaten Sumedang.

Kegiatan ini, yang diadakan dalam rangka Laire Sujana dan Jelajah Dewantara, dilaksanakan di tiga lokasi berbeda, yakni Desa Cibareubeun, Karangbungur, dan Cimarga, Kota Sumedang pada 24-26 November.

Baca Juga:Warga Bobos Tidak Terisolir Lagi, Jembatan Gantung Menyambung Hidup dan PenghidupanIni Kesibukan Dony Ahmad Munir Setelah Jadi Mantan Bupati Sumedang

Program Laire Sujana memiliki makna lahirnya cendekia, sementara Jelajah Dewantara adalah program pembelajaran kreatif untuk siswa SD di berbagai pelosok nusantara.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun di daerah yang sebelumnya menjadi lokasi pengabdian masyarakat dalam program GUIM di seluruh Indonesia.

Didit Ratam, Ketua Umum ILUNI UI, menyampaikan bahwa ILUNI UI selalu peduli terhadap pendidikan anak-anak Indonesia dan mendukung kegiatan SADEWA, termasuk di daerah pascabencana.

Kerjasama antara ILUNI UI dan Sayap Dewantara telah berlangsung selama tujuh tahun, dimulai sejak tahun 2016.

Tahun ini, mereka mendapatkan dukungan penuh dari DAMRI yang menyediakan sarana transportasi bagi relawan yang antusias mengikuti program ini.

Endang Mariani, Ketua ILUNI UI, menyebutkan bahwa program Jelajah Dewantara dan Laire Sujana melibatkan 35 relawan inklusif SADEWA dan 12 relawan Alumni Peduli Center ILUNI UI.

Mereka terlibat dalam pelatihan guru dan kepala sekolah, serta pembelajaran kreatif untuk siswa SD Negeri.

Baca Juga:Jalan Mulus, Warga Sumedang Ngaliwet di JalanPengusaha Jepang Melirik Hasil Panen Budi Daya Stroberi Premium Unpad

Dalam suasana peringatan hari guru dan hari pohon sedunia, ILUNI UI memberikan apresiasi kepada sekitar 20 guru yang mengikuti pelatihan.

Mereka juga memberikan bibit pohon kepada guru sebagai simbol merawat siswa dengan penuh kasih sayang. ILUNI UI berharap bibit-bibit pohon tersebut dapat terus tumbuh dan berkembang.

Kegiatan ini juga melibatkan kolaborasi dengan berbagai organisasi nirlaba lainnya, terutama yang memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan.

Di Sumedang, SADEWA juga mengajak Forum Anak Sumedang Tandang (FAST) yang terdiri dari anak-anak kreatif dan bermotivasi tinggi untuk peduli terhadap permasalahan di sekitarnya.

Kolaborasi juga dilakukan dengan Gernas Tastaba dan Penggerak Indonesia Cerdas.

0 Komentar