Galudra Bangun Desa Sejahtera

ANGGARKAN: Sekretaria Desa Galudra, Sandi Soleh Saepudin, saat memaparkan alokasi anggaran DD tahap III tahun 2023 kepada Sumeks, di ruang kerjanya, baru-baru ini.
ANGGARKAN: Sekretaria Desa Galudra, Sandi Soleh Saepudin, saat memaparkan alokasi anggaran DD tahap III tahun 2023 kepada Sumeks, di ruang kerjanya, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangeskpres- Pemerintah Desa Galudra Cimalaka prioritaskan alokasi Dana Desa (DD) tahap III pada bidang infrastruktur, yaitu peningkatan akses jalan dengan rabat beton di wilayah RW 02 sampai dengan RW 03. Hal ini merupakan pembangunan lanjutan dari alokasi DD tahap I.
Diketahui, pada anggaran DD tahap I direalisasikan pada pembangunan jalan sepanjang 250 meter.

Sementara di anggaran DD tahap III kembali dibangun jalan sepanjang 270 meter.

“Kami memprioritaskan jalan karena merupakan akses produktivitas masyarakat yang menunjang pada perekonomian warga,” ucap Kepala Desa Galudra, Sumpena melalui Sekretaris Desa Galudra, Sandi Soleh Saepudin kepada Sumeks, baru-baru ini.

Baca Juga:Cikole Prioritaskan Ketahanan PanganPembangunan Jalan Kabupaten Ruas Legok-Conggeang-Buahdua Hampir Selesai Setelah Sekian Lama Rusak Akhirnya Mulus Lagi

Sandi menuturkan, untuk bidang pemberdayaan pemerintahan desa, ada beberapa alokasi anggaran diantaranya operasional pemerintahan desa sejumlah 3 persen dari anggaran DD, SDGs, pemutakhiran data dan musyawarah lainnya.

Bidang pembangunan yang menjadi rutinitas yaitu insentif-insentif bagi guru paud, guru TK, bidan desa, kader kesehatan dan kader pembangunan manusia. Sedangkan, di bidang kesehatan dialokasikan untuk program kegiatan ANC class dan pemberian makanan tambahan (PMT) bagi ibu hamil dan Balita.

“Pada program ketahanan pangan dialokasikan, untuk penambahan bibit ayam petelur sebanyak 300 ekor serta penyertaan modal Bumdesma,” ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya sudah kerjasama dengan Bumdesma Kecamatan Cimalaka pada akhir tahun 2022.

“Sudah menyerap anggaran dari APBD kabupaten itu sejumlah sebesar Rp 75 juta dan pada anggaran DD tahap III pada tahun 2023, kami anggarkan kembali sebesar Rp 25 juta. Jadi kami sudah menyertakan modal pada Bumdesma sebesar Rp 100 juta,” ucap Sandi.

Untuk pemberdayaan dan pelestarian seni budaya, lanjutnya, pada DD tahap III Desa Galudra menganggarkan untuk pengadaan baju dan perlengkapan sarana alat kesenian pencak silat.

“Karena kebetulan di Desa Galudra ada komunitas budaya kesenian pencak silat,” imbuhnya.

Baca Juga:Jembatan Jalan KesejahteraanPKD Harus Dibekali Keilmuan

Pihak desa berharap dengan alokasi penerapan DD tahun 2023 bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, serta menurunkan angka kemiskinan dan stunting di Galudra.

“Mudah-mudahan semua alokasi DD tahap III ini bisa bermanfaat bagi masyarakat serta bisa nenurunkan angka kemiskinan dan stunting. Dimana untuk penurunan angka stunting sendiri kami anggarkan untuk PMT dan ANC class dan itu sangat bermanfaat sekali bagi ibu hamil dan Baduta,” bebernya.

0 Komentar