Wow! Platform Digital Sumedang Setara Dengan Jakarta

Wow! Platform Digital Sumedang Setara Dengan Jakarta
Wow! Platform Digital Sumedang Setara Dengan Jakarta (ist/sumedangkab.go.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Wow! Platform Digital Sumedang Setara Dengan Jakarta.

Pada hari Senin (27/11/2023), Pemerintah Kabupaten Sumedang melakukan eksplorasi potensi kerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui kunjungan ke Jakarta Smart City.

Fokus kerjasama tersebut berkaitan dengan pengembangan konsep smart city melalui pemanfaatan platform digital.

Platform digital Jakarta Kini (JAKI) yang dimiliki oleh DKI Jakarta diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia, dan Pemerintah Daerah Sumedang mengambil banyak pembelajaran dalam mengelola kota dengan pendekatan Smart City berkelanjutan.

Baca Juga:Kejanggalan Nanie Darham Meninggal Usai Sedot LemakPenggunaan Bom Besar Amerika di Gaza Jadi Bukti Kekejaman Israel

Pj. Bupati Sumedang, Herman Suryatman, yang turut hadir bersama asisten dan beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), menyatakan bahwa platform digital yang dimiliki oleh Jakarta dan Sumedang sebenarnya memiliki kesamaan.

Baginya, produk dengan berbagai platform memiliki persamaan, namun perbedaan yang paling mencolok terlihat pada penyajian atau kemasan platform.

“Ketika kami membandingkan Jakarta dengan Sumedang, perbedaannya tidak begitu besar. Yang paling mencolok adalah penyajian atau kemasannya,” ungkap Herman.

Herman menyoroti bahwa selain perbedaan dalam penyajian platform, tantangan yang dihadapi oleh Pemerintah Daerah Sumedang adalah tingkat literasi warganya yang masih relatif rendah.

“Ada waktu yang cukup fleksibel untuk meningkatkan literasi warga, yang dimulai dari literasi Aparatur Sipil Negara (ASN). Kami juga akan terus mengembangkan kerjasama, termasuk kerjasama antara Sumedang dan Jakarta,” tambahnya.

Di sisi lain, Kepala Unit Pengelola (UP) Jakarta Smart City, Yudistira Nugraha, memberikan apresiasi terhadap inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Ia menyebut Sumedang sebagai luar biasa dengan beberapa inovasi yang dianggapnya lebih unggul dibandingkan dengan apa yang dilakukan di Jakarta Smart City. Namun, Yudistira menegaskan bahwa diperlukan pengemasan yang lebih menarik.

Baca Juga:Coldplay Sumbang Kapal Pembersih Sampah, Segini Harganya!Sri Mulyani: Tanpa Pembiayaan, Atasi Perubahan Iklim Cuma Jadi Mimpi

Meskipun berasal dari Sumedang secara lokal, Yudistira menekankan pentingnya berpikir secara global dan fokus pada kebutuhan masyarakat.

“Berbagai inisiatif dari Sumedang sudah cukup fokus pada kebutuhan masyarakat. Sudah beralih dari pemerintahan yang berorientasi pada pemerintah menjadi berorientasi pada pengguna, seperti layanan notifikasi langsung dari pemerintah daerah saat bayi lahir,” ungkapnya.

Yudistira menambahkan bahwa contoh layanan tersebut mencerminkan pendekatan humanis, di mana pemerintah hadir ketika masyarakat membutuhkan.

0 Komentar