Coldplay Sumbang Kapal Pembersih Sampah, Segini Harganya!

Coldplay Sumbang Kapal Pembersih Sampah, Segini Harganya!
Coldplay Sumbang Kapal Pembersih Sampah, Segini Harganya! (ist)
0 Komentar

sumedangekspresColdplay Sumbang Kapal Pembersih Sampah, Segini Harganya!

Coldplay telah menyumbangkan satu kapal pembersih sampah di Sungai Cisadane, Jakarta, yang dikenal sebagai Neon Moon II.

Kapal ini memiliki nilai sekitar Rp 12 miliar. Dalam laporan dari theoceanplasticcleanup.com, diketahui bahwa kapal jenis Interceptor ini diberikan oleh Coldplay untuk membantu membersihkan sampah di Sungai Cisadane.

Harganya mencapai US$ 777.000 atau sekitar Rp 11,9 miliar (mengacu pada kurs Rp 15.424).

Baca Juga:Sri Mulyani: Tanpa Pembiayaan, Atasi Perubahan Iklim Cuma Jadi MimpiBiadab! 3 Mahasiswa Palestina di Amerika Tiba-tiba Ditembak

The Ocean Cleanup mencatat bahwa dengan meningkatnya produksi, harga Interceptor dapat menjadi lebih terjangkau.

Boyan Slat, CEO The Ocean Cleanup, menyatakan bahwa upaya ini dapat menjadi solusi biaya efektif untuk mengatasi akumulasi plastik.

Fokus utama saat ini adalah mengurangi mikroplastik yang memasuki laut melalui sungai.

Interceptor, kapal penampung sampah dengan panjang 24 meter, dapat menyedot sampah dengan kapasitas total 50 hingga 100 ton per hari.

Kapal ini dapat beroperasi mandiri selama 24 jam sehari dan dilengkapi dengan teknologi canggih, termasuk baterai lithium-ion.

Meskipun canggih, Interceptor dirancang agar tidak mengganggu kapal lain atau ekosistem sungai, hanya menempati sebagian kecil sungai.

Kapal ini mampu mengumpulkan hingga 100.000 kg sampah per hari. Ketika mendekati kapasitasnya, pesan teks otomatis dikirim ke operator lokal untuk mengumpulkan sampah ke fasilitas pengelolaan limbah.

Baca Juga:Tingkatkan Kualitas UMKM Sumedang Melalui Workshop UMKM DigdayaILUNI UI dan Sadewa Adakan Pelatihan Guru dan Kepala Sekolah di Sumedang

Coldplay telah memberikan sumbangan kapal ini di Sungai Cisadane, Jawa Barat, dan diberi nama Neon Moon II.

Sumbangan ini merupakan bagian dari dukungan Coldplay terhadap misi The Ocean Cleanup untuk membersihkan lautan plastik dan melibatkan kembali Neon Moon II dalam upaya ini.

Kapal ini, berwarna biru-putih, saat ini sedang dalam proses persiapan, dan progresnya dapat dilihat di situs web atau akun Instagram The Ocean Cleanup.

Sebelumnya, pada tahun 2021, Coldplay juga menyumbangkan kapal Neon Moon I untuk membersihkan sungai di Malaysia.

Kapal ini telah berhasil membersihkan sekitar 1 juta kilogram plastik dan mencegahnya mencapai lautan.

Neon Moon, yang dikembangkan oleh The Ocean Cleanup, diharapkan dapat membersihkan seribu sungai di seluruh dunia.

Boyan Slat, pendiri dan CEO The Ocean Cleanup, menyambut sumbangan dari Coldplay, menyatakan apresiasi atas bantuan mereka dalam melawan polusi plastik di Asia.

0 Komentar