Jalan Desa Sukawangi Pamulihan Tertutup Lumpur

jalan Desa Sukawangi Pamulihan Tertutup Lumpur
jalan Desa Sukawangi Pamulihan Tertutup Lumpur(istimewa/sumedangkab.go.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Jalan Desa Sukawangi Pamulihan Tertutup Lumpur

Jalan menuju Desa Sukawangi, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, tertutup lumpur setebal 30 cm akibat banjir lumpur. Jalan desa Sukawangi Pamulihan ditutup sementara untuk proses pembersihan lumpur.

Saat ini akses jalan menuju kawasan Pamulihan dan Tanjungsari bagi warga Sukawangi akan dialihkan ke jalan desa Pasirbiru Rancakalong sebelum proses pengerukan selesai.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Bencana BPBD Sumedang, Adang mengatakan, lumpur yang menutupi jalan desa Sukawangi Pamulihan tersebut berasal dari Perbukitan Sampalan yang lahannya dialihfungsikan menjadi kawasan pertanian.

Baca Juga:Intensitas Hujan di Jabar Mulai Tinggi, Pj Gubernur Minta Daerah Siap Siaga BencanaDaerah Otonomi Baru Cirebon Timur Resmi Disetujui Oleh DPRD dan Bupati Cirebon Hari Ini!

“Selanjutnya, lahan yang baru saja dibajak untuk bercocok tanam tiba-tiba diguyur hujan cukup deras sejak Minggu, 3 Desember 2023. Karena tanahnya belum padat, terkikis oleh “air Cileuncang dan menutupi jalan desa di bawahnya”.

Diakui Adang panjang jalan tertutup lumpur tersebut kurang lebih 200 meter dengan ketinggian lumpur antara 20 – 30 cm. “Saat ini jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan, kalaupun ada yang maksa seperti sepeda motor, mereka akan terjebak sehingga harus mendorong kendaraannya.

Untuk mengatasi situasi lumpur yang menutupi permukaan jalan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk pihak desa dan kelurahan.

Untuk mengatasinya, tidak hanya cukup mengerahkan masyarakat dengan peralatan tangan saja, namun juga memerlukan alat berat sebagai penunjangnya karena penutupan jalan cukup lama dan dapat diakses masyarakat.

0 Komentar