Perjuangan Pemkab Sumedang Muluskan Jalan Paseh-Buahdua

Perjuangan Pemkab Sumedang Muluskan Jalan Paseh-Buahdua
Perjuangan Pemkab Sumedang Muluskan Jalan Paseh-Buahdua(ist/ig @donyahmad.munir)
0 Komentar

sumedangekspres – Perjuangan Pemkab Sumedang Muluskan Jalan Paseh-Buahdua

Mulusnya jalan Legok-Conggeang-Buahdua di Kabupaten Sumedang saat ini, yang sebelumnya keadaanya cukup memprihatinkan apalagi saat diguyur hujan.

Keadaan jalan Paseh-Buahdua yang memiliki panjang kurang lebih 15 kilometer mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Keadaan jalan Paseh-Buahdua saat ini berlapis beton dan hotmix. Dibalik mulusnya jalan Paseh-Buahdua tidak lepas dari perjuangan Pemkab Sumedang yang saat itu di Pimpin oleh Bupati Dony Ahmad Munir.

Baca Juga:KKN Tematik GRMD di Sumedang, Pj Bupati Herman Suryatman Memberikan EvaluasiPemkab Sumedang Memberikan Layanan Khusus Adminduk Untuk Penyandang Disabilitas

Bupati Dony menceritakan, Ruas jalan Legok-Conggeang-Buahdua saat itu merupakan jalan Kabupaten, namun kemudian ada pengerjaan jalan Tol Cisumdawu terutama di jalur Cimalaka-Paseh-Ujungjaya.

Ketika pembangunan jalan tol mencapai daerah Paseh-Conggeang, Dony menyatakan bahwa ruas jalan tersebut menjadi jalur bagi kendaraan berat, yang menyebabkan dampak pada akses jalan warga.

Bupati Dony saat itu sangat merasakan apa yang menjadi keluhan masyarakat. Dony mengatakan bahwa pada saat itu, dia berusaha untuk memperjuangkan keluhan penduduknya yang terkena dampak tersebut. Dia masih mengingat dua langkah yang diambilnya dalam menangani masalah tersebut.

Langkah pertamanya yaitu dengan meminta kepada pihak PT.CKJT (Citra Karya Jabar Tol) selaku operator jalan Tol Cisudmawu agar segera melakukan perbaikan sementara terhadap akses jalan.

Bupati Dony saat itu menyebut, PT.CKJT pun saat itu cukup responsif dan berkomitmen akan turut membangun ruas jalan Paseh – Conggeang setelah pembangun tol selesai.

Tidak berhenti di situ, Dony juga berusaha mendekati pemerintah pusat, khususnya Kementerian PUPR. Pada saat itu, dia mengajukan usulan agar jalur Legok – Conggeang – Buahdua dimasukkan ke dalam program penanganan jalan daerah berdasarkan Inpres (Instruksi Presiden).

Pada akhirnya, Pemerintah Kabupaten Sumedang memperoleh konfirmasi dari Pemerintah Pusat mengenai pembangunan akses jalan Legok – Conggeang – Buahdua.

Baca Juga:Pemkab Sumedang Akan Segera Membuka MPP Mini JatinangorVisa Warga Israel Ditolak AS Akibat Kekerasan Terhadap Warga Palestina di Tepi Barat

Dan akhirnya Pemkab Sumedang saat itu menerima anggaran dari pusat sebesar Rp 89 miliar, dan saat ini jalannya sudah selesai, pungkas Dony.

0 Komentar